(Image: bhg)

Penulis: Dara.M | Editor: Ria

Saat momen bahagia bagi orang spesial, kita rasanya pun juga ingin memberikan sesuatu yang spesial. Contohnya nih, dengan memberikan kue hasil buatan kita sendiri. Jika hasil kuenya sempurna dan disukai, pastinya kita pun akan merasa bahagia banget.

Tapi terkadang, walaupun bahan dan caranya sudah sesuai resep, masih saja kue yang kita buat itu gagal. Entah kuenya tidak mengembang, retak, bantat atau sulit dikeluarkan dari loyang. Hmm, mungkin ada yang salah dari proses pemanggangannya. Supaya nggak gagal lagi, simak tips memanggang kue anti gagal berikut ini.

1. Perhatikan Loyang yang Digunakan

Memilih loyang untuk membuat kue tak hanya dilihat dari bentuknya saja. Perhatikan juga bahan adonan yang digunakan agar sesuai dengan loyangnya. Karena jika loyang yang digunakan terlalu lebar atau besar, kue akan kurang mengembang dan gosong walaupun tekstur dalamnya bagus. Kalau loyangnya terlalu kecil, bisa-bisa adonan kuenya tumpah ke sisi loyang. Jadi, gunakan loyang sesuai dengan banyak adonan yang anda buat, ya.

2. Olesi Loyang dengan Mentega dan Kertas Roti

Loyang yang diolesi dengan mentega/ margarin bertujuan agar kue yang dihasilkan tidak menempel pada loyang. Anda juga bisa tambahkan kertas roti di atasnya atau dengan menaburi terigu tipis-tipis. Jika loyang tidak diolesi, selain akan membuat kue susah dikeluarkan dan hancur, juga akan merusak loyangnya, lho.

Kalau sudah diolesi, anda bisa langsung tuang adonan dalam loyang, deh. Perlu diingat, menuang adonan juga jangan penuh-penuh. Cukup sisakan kira-kira 2 cm dari bagian atas loyang.

3. Ratakan dan Ketuk Loyang Setelah Dituang Adonan

Setelah adonan dimasukkan dalam loyang, ratakan dengan spatula kemudian ketuk-ketuk perlahan loyangnya supaya adonan kue merata. Cara ini juga dapat mencegah kue kempis, bantat dan permukaannya berpori. Karena saat anda mengetukkan loyangnya, gelembung udara dalam adonan dapat keluar dan hasil kuenya pasti lembut. Yummy!

4. Panggang di Suhu yang Tepat

Mungkin ada yang beranggapan bahwa dengan menaikkan suhu oven dari batas wajarnya, bisa membuat kue lebih cepat matang dan menghemat waktu. Padahal suhu yang terlampau tinggi justru membuat kue jadi rusak. Bahkan bisa jadi permukaan luar sudah matang tapi permukaan dalam kue justru belum matang. Ini bakal membuat kue retak dibagian atasnya. Jadi, gunakan suhu oven yang sesuai dengan kue yang dipanggang, ya.

Sebelum memasukkan kue ke dalam oven, panaskan oven terlebih dahulu untuk memastikan suhu panas oven sudah berada pada tingkat yang tepat.

5. Hindari Membuka Oven Terlalu Sering

(Image: Lazada)

Membuka oven terlalu sering saat memanggang juga membuat kue jadi bantat karena adanya perubahan suhu mendadak yang terjadi saat oven dibuka. Jika ingin melihat kue yang sedang dipanggang, anda cukup lihat dibagian kaca oven saja dan tak perlu membukanya. Jika kaca oven terlalu gelap, gunakan flash yang ada di gadget anda.

Pemilihan oven dengan fitur timer juga akan memudahkan proses memanggang kue. Kirin Oven Listrik Low Watt KBO-190LW (lihat di Lazada DISKON) adalah salah satu contohnya. Dengan oven dari Kirin ini, anda tidak perlu lagi bolak-balik mengecek apakah kue sudah matang. Tinggal pasang waktu yang dibutuhkan pada timer dan tunggu deh hingga matang.

Nah, kalau waktu pemanggangan sudah hampir habis, anda bisa membuka ovennya untuk mengecek kuenya terlebih dahulu, dengan cara menusukkan tusuk gigi atau tusuk sate ke bagian tengah kue. Jika masih ada adonan basah yang melekat di tusukan, itu artinya kue belum matang sempurna, sehingga tambahkan waktu sekitar 3-5 menit lagi. Pastikan kue matang dulu dengan stabil, baru dikeluarkan dari oven, ya.

6. Dinginkan Kue Sebelum Mengeluarkan dari Loyang

Kue yang masih panas akan lengket dalam loyang dan sulit untuk dikeluarkan. Oleh sebab itu, biarkan kue dingin beberapa saat hingga permukaannya mengeras, lalu keluarkan dari loyang dan biarkan kue dingin dengan sendirinya dalam suhu ruang. Jangan memasukkan kuenya ke dalam lemari es, ya. Karena cara ini akan membuat kue semakin lengket dengan loyang karena perubahan suhu yang terjadi. Setelah kue dingin dengan sendirinya, baru deh hias sesuai keinginan.

Jadi selain bahan dan cara pembuatan kue yang benar, ternyata proses pemanggangan juga perlu diperhatikan. Gimana? Sudah siap bikin kue untuk orang terkasih tanpa takut gagal, kan? Selamat mencoba!