(Image: Shutterstock)

Penulis: Sandra.K | Editor: Ria

Saya selalu menggunakan daun jeruk purut sebagai bumbu masakan sehari-hari. Mulai dari rempeyek kacang, soto ayam, gulai telur, hingga ayam bakar. Tapi bila membeli bumbu dapur komplit di warung atau pasar, saya biasanya hanya mendapatkan sedikit daun jeruk purut. Padahal, dalam satu resep masakan, saya bisa menggunakan daun jeruk purut hingga berlembar-lembar.

Saya pun tertarik untuk menumbuhkan atau menanam sendiri daun jeruk purut di rumah. Selain lebih praktis karena tinggal petik, saya pun bisa lebih puas menggunakan daun jeruk dalam masakan. Nah, berikut ini cara menumbuhkan daun jeruk purut sendiri di rumah yang bisa anda ikuti.

1. Pilih Tempat Penanaman

Langkah pertama yang anda bisa lakukan adalah memilih tempat penanaman pohon daun jeruk. Anda bisa menanam pohon daun jeruk di dalam pot berukuran besar. Anda juga bisa menanamnya langsung di tanah halaman depan atau belakang rumah. Apabila sudah memilih tempat, maka anda bisa menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk menanam daun jeruk. Setiap tempat yang anda pilih tentunya memiliki peralatan yang berbeda.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menanam Tumbuhan Kemangi Sendiri di Rumah

2. Siapkan Peralatan Menanam

Untuk bisa menumbuhkan daun jeruk sendiri di rumah, anda perlu menyiapkan beberapa peralatan. Seperti pot berukuran besar, polybag, bibit, tanah gembur, pupuk kandang atau kompos, jerami atau dedaunan kering, pasir, dan alat pemotong tanaman. Setiap lokasi penanaman pohon daun jeruk tentunya membutuhkan peralatan yang berbeda.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menanam Daun Pandan Sendiri di Rumah

3. Penanaman

Agar bisa sukses menumbuhkan daun jeruk sendiri di rumah, anda harus memiliki bibit jeruk purut yang bagus. Setelah itu, gali lubang untuk menanam dengan jarak sekitar 3 cm dan masukkan bibit lalu tutup dengan tanah. Untuk pemupukan, anda bisa mencampur tanah dengan pupuk alami.

Baca juga: 5 Tips Sukses Menumbuhkan Tauge di Rumah

4. Perawatan

Apabila tanaman daun jeruk purut anda sudah mulai tumbuh, maka anda harus merawatnya dengan baik. Anda ssebaiknya menyiram tanaman daun jeruk secara rutin. Selain itu, anda bisa memangkas semak-semak yang tumbuh liar di sekitar tanaman. Pemupukan juga perlu anda lakukan di tanah sekitar tanaman.

Baca juga: 5 Langkah Praktis dan Sukses Menanam Lidah Buaya Sendiri di Rumah

Jika kesulitan mendapat bibitnya, anda juga bisa lho memanfaatkan pohon jeruk purut yang mungkin dimiliki tetangga depan rumah. Tanamlah dengan metode stek pucuk atau cangkok batang. Oh ya, tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, daun jeruk purut ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan, misalnya sebagai obat influenza dan juga meningkatkan stamina tubuh. Jadi tak ada salahnya, kan, menumbuhkannya sendiri. Selamat mencoba!