(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tauge adalah salah satu bahan masak favorit saya. Teksturnya yang renyah dan tak memiliki rasa khas ini membuatnya mudah diolah dalam berbagai masakan seperti campuran mie goreng, tahu tek-tek, ketoprak, karedok, bahkan dicah saja mantap rasanya. Nah, teman saya pernah bilang kalau tauge segar itu tak harus dicari di pasar atau supermarket. Menurutnya, menumbuhkan tauge sendiri di rumah akan menghasilkan kualitas yang jauh lebih baik. Tak harus gali-gali tanah di halaman karena tauge termasuk tumbuhan yang mudah dikembangkan di berbagai media. Mau tahu caranya? Simak terus penjelasannya berikut ini!

1. Pilih biji kecambah yang tepat

Teman-teman ingat percobaan kecambah saat sekolah dulu? Nah, kacang hijau adalah biji dari tumbuhan tauge atau kecambah. Biji kacang hijau bisa didapatkan di pasar maupun supermarket. Untuk dijadikan tauge, pilih biji kacang hijau yang baik dan berukuran besar.

2. Rendam kacang hijau dalam air

Langkah awal menumbuhkan tauge adalah rendam biji kacang hijau dalam air selama beberapa jam. Tujuannya supaya kacang hijau bisa “aktif” dan dapat bertumbuh menjadi tauge. Nah, proses merendam semalaman adalah cara terbaik untuk mengaktifkan semua sel pertumbuhan kacang hijau. Rendam kacang hijau dalam air biasa selama minimal 6 jam hingga semalaman dalam suhu ruang. Setelah waktu rendam habis, tiriskan tauge hingga cukup kering.

3. Pastikan air siraman tidak menggenangi biji

Kacang hijau perlu disiram 3-5 kali sehari. Namun perhatikan kalau ada genangan air di sekitar biji, ya. Jika dibiarkan, genangan air ini bisa membuat kacang hijau atau kecambah yang sudah tumbuh jadi busuk. Oleh karena itu, pastikan tempat penanaman memiliki lubang yang cukup agar air mengalir keluar. Anda bisa pakai baskom berlubang yang dilapisi kain untuk meletakkan kacang hijau, atau pakai wadah berlubang lainnya.

4. Simpan di tempat yang paling gelap

Kunci menumbuhkan tauge adalah meletakkannya di tempat gelap. Semakin gelap tempat simpannya, maka tumbuhnya akan semakin cepat dan kualitasnya makin bagus. Supaya praktis, pakailah container besar berwarna gelap (yang biasa untuk simpan mainan) atau tong besar sebagai lokasi penyimpanan baskom. Jika kecambah terkena cahaya yang cukup terang, warna akhir tauge akan cenderung merah muda dan kualitasnya kurang bagus.

Dalam 4-5 hari, tauge pun siap dipanen! Jangan lupa untuk mencuci tauge sebelum diolah jadi berbagai masakan, ya. Dengan menanam tauge sendiri, kita bisa menjamin kualitas tauge tersebut, karena hasil tanam sendiri memang terasa lebih renyah atau segar. Anda tertarik mencoba?