Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Sejak kecil, saya sudah akrab dengan tanaman lidah buaya. Dulu, ibu saya punya kebun khusus untuk menanam lidah buaya yang ukurannya besar-besar, lalu beliau sering mengolahnya menjadi minuman menyegarkan yang dicampur dengan gula merah cair. Tekstur daging lidah buaya yang kenyal seperti jelly sangat cocok dengan selera saya.

Karena sekarang ini lidah buaya jarang dijual di pasaran, jadi saya berpikir untuk menanamnya sendiri di rumah. Kebetulan saya punya sedikit lahan kosong yang belum terpikir akan digunakan untuk apa. Kini setelah sukses tumbuh subur, saya tinggal memetik lidah buaya di halaman dan mengolahnya sesuai resep dari Ibu. Simak yuk tips menanam sendiri lidah buaya di rumah berikut ini.

1. Siapkan media tanah yang baik

Agar lidah buaya yang anda tanam bisa tumbuh subur, anda harus benar-benar memperhatikan jenis tanah yang akan digunakan. Usahakan untuk memilih tanah kering, lalu campurkan bersama pasir dan kerikil dengan perbandingan yang sama. Aduk sampai ketiga bahan tersebut benar-benar tercampur rata.

2. Pilih anakan lidah buaya yang bagus

Menanam lidah buaya itu sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil anakan lidah buaya yang menempel pada induknya. Pastikan memilih induk lidah buaya yang bagus dan tumbuh subur, lalu cabut anakannya sampai ke akarnya agar lidah buaya nantinya bisa tumbuh dengan baik.

3. Tanam lidah buaya di pot besar

Karena lidah buaya termasuk tanaman yang tumbuh dengan pesat, maka anda membutuhkan media tanam yang luas. Jadi pastikan menggunakan pot yang berukuran sedang sampai besar saat menanam lidah buaya. Pastikan juga pot yang anda gunakan telah dilubangi bagian bawahnya agar air tidak menggenang dan bisa turun dengan baik.

4. Pastikan lidah buaya mendapat asupan sinar matahari yang cukup

Lidah buaya merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari. Karena itulah anda harus menyimpan pot lidah buaya anda di tempat yang hangat. Meski begitu, hindari memberikan asupan sinar matahari yang berlebihan, karena justru akan membuat daun lidah buaya rusak dengan ciri munculnya bintik-bintik kecokelatan. Bahkan jika sudah parah, warna daun lidah buaya akan berubah menjadi orange. Jadi pastikan anda menyimpan pot lidah buaya di tempat yang teduh namun masih bisa ditembus oleh sinar matahari.

5. Rawat lidah buaya dengan benar

Setelah ditanam, lidah buaya tidak bisa langsung disiram. Tunggu beberapa hari dulu, baru anda bisa menyiramnya secara teratur dengan air yang cukup. Lakukan juga perawatan tambahan dengan memberikan insektisida dan fungisida alami agar lidah buaya bebas dari serangan hama dan gulma.

Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Tips Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Lidah Buaya

Coba juga: Resep Es Lidah Buaya