Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Dulu waktu kost di Jogja, warteg adalah penyelamat hidup saya. Selain harganya terjangkau, warteg atau warung tegal menyediakan aneka masakan yang cocok untuk saling dipadukan. Salah satu menu favorit saya adalah balado. Masakan pedas ini bisa dibuat dengan bahan apapun seperti terong, telur rebus, ayam, ikan, dan lain-lain. Alhasil, variasi ini bikin saya tak pernah bosan untuk menyantapnya dengan nasi hangat dan lauk lain.

Balado terhitung mudah dibuat. Sebagai penggemar masakan pedas, balado adalah masakan andalan saya saat baru belajar masak. Nah supaya balado terasa lebih enak, ada trik-trik yang perlu diperhatikan, nih. Mau tahu rahasianya? Langsung aja simak yang satu ini!

1. Pilih bahan yang segar. 

Bahan untuk balado kan beragam ya, bisa pakai terong, telur rebus, dan sebagainya. Supaya rasanya makin sedap, pilih bahan yang segar untuk dimasak balado. Misalnya balado terong, maka pilih terong yang teksturnya lembut (tidak keras, tidak lembek), berukuran sedang, dan pastikan kulit permukaannya halus tanpa bercak dan cacat. Untuk balado telur, anda bisa pakai jenis apapun sesuai selera, tapi yang paling sering diolah adalah telur ayam dan puyuh. Selain bahan-bahan tersebut, anda juga bisa kreasikan dengan ayam, ikan, jengkol, hingga tempe.

2. Tambahkan berbagai rempah agar kaya rasa.

Pada dasarnya, balado yang asli Minang hanya memakai bumbu sederhana seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah. Namun jika anda penggemar rempah seperti saya, tak ada salahnya menambahkan aneka bumbu dan rempah demi memperkaya rasa balado. Misalnya tambahkan daun salam atau daun jeruk agar lebih wangi, terasi, serai, lengkuas, lada, dan sebagainya.

3. Haluskan bumbu dengan blender.

Untuk bumbu-bumbu dasar seperti cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih bisa dihaluskan dalam blender atau dry mill. Tak perlu sampai benar-benar halus, paling tidak keempat jenis bumbu tersebut sudah tercampur rata. Untuk bumbu liat seperti lengkuas dan serai cukup digeprek saja agar aromanya keluar.

4. Goreng bahan pilihan anda.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu, goreng dulu bahan yang anda pilih. Selain memberikan tekstur luar yang agak garing, langkah menggoreng ini juga bisa sedikit mematangkan bahan mentah. Dengan menggoreng bahan setengah matang lebih dulu, balado tidak akan overcook dan bumbunya akan lebih meresap pada bahan. Caranya, cukup goreng sebentar atau sampai terlihat agak kering.

Telur rebus juga perlu digoreng, ya. Kulit telur rebus yang berwarna putih itu cukup rapuh, terutama jika harus dioseng dalam waktu yang tak sebentar. Goreng setengah matang hingga kulit luarnya agak kering. Dijamin, bentuk telur akan tetap utuh dan cantik ketika dimasak balado nanti.

5. Tambahkan minyak atau air agar bumbu tidak gosong.

Sebagai awalan, panaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus. Pastikan minyak sudah panas saat bumbu halus masuk agar aromanya lebih semriwing. Masukkan juga rempah tambahan yang sudah digeprek, daun aromatik (opsional), dan terasi (opsional) yang sudah dibakar. Oseng hingga harum dan matang, lalu masukkan bahan yang sudah digoreng.

Saat proses pemasakan bumbu, minyak untuk menumis pasti berkurang karena terserap dalam bumbu dan bahan. Kalau dibiarkan, baladonya bisa lekas gosong, lho. Maka dari itu, tambahkan minyak secukupnya agar bumbu  matang sempurna. Selain melembapkan, minyak ini juga bisa menghilangkan bau langu dan pahit bumbu. Namun jika menghindari penggunaan banyak minyak, tambahkan air secukupnya pun bisa.

6. Ingin lebih praktis? Buat saja stok sambal balado.

Kalau tak ingin ribet mengulang proses olah bumbu, buat saja stok sambal balado. Caranya sama seperti di atas, yakni haluskan bumbu utama lalu oseng dalam minyak bersama rempah dan bumbu tambahan. Tambahkan juga garam sesuai selera. Setelah bumbu tercium harum dan matang, matikan api dan biarkan dingin. Tuang dalam wadah kering dan kedap udara, lalu simpan dalam kulkas. Jadi kalau mau masak, tinggal panaskan lagi sambal stok dan tambahkan bahan yang sudah digoreng.

Coba resep:

Wah, rasanya sudah tak tahan untuk segera buat ya? Sajikan menu balado favorit anda dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya. Ngomong-ngomong dari resep balado di atas, mana yang sering anda buat, nih?