Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Bicara soal serundeng, saya jadi ingat masa-masa di kost. Ibu saya yang sangat pengertian selalu membuatkan serundeng untuk stok lauk. Hebatnya, serundeng yang dimasak kering ini benar-benar awet disimpan dalam toples di suhu ruangan, lho.

Sepulangnya ke rumah orang tua, saya pun mencoba resep serundeng milik ibu. Saya mencoba menggorengnya cukup kering supaya lebih awet. Namun membuat serundeng supaya teksturnya pas itu ada triknya juga. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Pilih kelapa yang tepat

Ada jenis kelapa parut untuk masak dan ada yang untuk taburan makanan (non-masak). Untuk serundeng, pilih kelapa parut untuk masak yakni kelapa yang tua atau agak tua.

Kelapa tua memiliki batok kelapa yang keras dan berat. Jika diguncangkan, tak ada suara air dari dalam kelapa.  Nah supaya rasa serundeng makin mantap, belilah kelapa dan langsung dimasak hari itu juga.

2. Tumis bumbu halus sebelum diuleg

Bumbu halus yang umum dipakai adalah bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica. Kalau suka serundeng yang pedas-manis, bisa tambahkan cabe merah keriting dan jahe. Atau ingin serundeng terlihat kuning cerah? Tambahkan kunyit.

Supaya aromanya lebih harum dan tidak langu, tumis bumbu-bumbu tersebut sebentar saja sebelum dihaluskan. Panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu hingga harum dan sedikit layu.

3. Tambahkan bumbu lain supaya serundeng lebih mantap

Selain bumbu halus, biasanya ditambahkan juga bumbu-bumbu yang langsung ditumis supaya serundeng beraroma lebih harum.

Anda bisa pakai bumbu aromatik favorit anda, nih, misalnya daun jeruk, daun salam, serai (digeprek), kapulaga, dan sebagainya. Suka rasa yang agak-agak asam supaya seimbang dengan gula jawa? Tambahkan saja asam jawa sesuai selera.

4. Oseng parutan kelapa secara konstan agar tidak hangus

(Image: Lazada)

Setelah bumbu halus dan bumbu lainnya ditumis hingga wangi dan layu, masukkan parutan kelapa tua dan oseng hingga kering.

Kunci supaya kering dan tidak hangus adalah oseng atau aduk parutan kelapa hingga menyatu rata dengan bumbu. Lakukan terus-menerus supaya bumbu menyerap sempurna dan tekstur kelapa mengering.

Oh ya, gunakan api kecil atau sedang untuk mengoseng, ya. Makin kecil api memang makin lama keringnya, tapi serundeng dijamin tak akan gosong dan akan kering sempurna. Kalau kering sempurna, serundeng pun bisa tahan lama di simpan.

Tips lain supaya tidak gosong adalah menggnakan sudip IKEA SPECIELL (lihat di Lazada DISKON). Dengan sudip ini, wajan tidak akan tergores dan serundeng tidak akan lengket. Sebab, sudah berbahan poliamida food grade yang tidak tajam, anti lengket, dan tidak letoy.

5. Simpan serundeng dalam wadah kedap udara untuk stok

Setelah teksturnya mengering, matikan api dan biarkan serundeng mendingin sesuai suhu ruang. Setelah itu, masukkan dalam wadah kedap udara dan kering.

Simpan di tempat yang teduh dan tak terpapar panas atau cahaya langsung. Paling tidak, serundeng kering bisa tahan 1 minggu dalam suhu ruang.

Nah, cukup mudah ya? Serundeng kering ini bisa ditaburkan di atas daging atau empal goreng, ayam goreng, bebek goreng, atau cukup dimakan dengan nasi hangat plus sambal. Hmm, saya jadi nggak sabar untuk nyetok, nih. Anda sudah stok belum?