Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Hampir semua anggota keluarga saya itu suka makanan yang bertekstur renyah. bahkan lauk untuk makan pun harus ada yang digoreng dengan tepung, untuk mendapatkan sensasi kriuk-kriuk yang nagih dan membuat makan jadi lebih semangat. Bahan makanannya pun bisa apa saja, mulai dari ayam, udang, cumi, jamur, tempe, hingga sayuran seperti terong dan buncis!

Meskipun menggoreng makanan bertepung itu terlihat sepele, tapi kadang ada beberapa hal yang membuatnya gagal, misalnya hasil gorengan tidak krispi atau terlalu berminyak. Kalau sudah begitu, makanan tersebut jadi tidak menarik lagi kan. Nah, terapkan yuk tips berikut ini untuk hasil akhir gorengan tepung yang sempurna.

1. Perhatikan penggunaan tepung

Agar mendapatkan hasil makanan goreng tepung yang krispi, anda harus memperhatikan tepung yang digunakan. Sebaiknya, anda mencampur tepung terigu dan tepung tapioka/kanji. Jika ingin lebih renyah, anda juga bisa lho menambahkan sedikit baking soda atau baking powder.

2. Buat dua adonan tepung: basah dan kering

Selanjutnya, anda bisa coba buat 2 adonan tepung untuk pelapis bahan makanan, yaitu adonan basah dan adonan kering. Celupkan bahan makanan ke dalam adonan tepung basah terlebih dahulu, yang berfungsi agar adonan tepung kering nantinya bisa lebih menempel dan menghasilkan gorengan yang lebih krispi. Cara ini juga bisa membantu agar lapisan tepung pada makanan anda jadi lebih keriting atau tebal yang menempel sempurna.

3. Pastikan tangan dalam keadaan kering

Saat menggulingkan bahan makanan  ke dalam tepung kering, pastikan tangan anda dalam keadaan yang kering juga. Saya beri contoh, gunakan tangan kiri untuk mencelup bahan makanan ke dalam adonan tepung basah, lalu hanya gunakan tangan kanan untuk menggulingkan bahan makanan ke dalam adonan tepung kering. Hal tersebut bertujuan agar tepung kering tidak menggumpal dan basah.

4. Perhatikan jumlah minyak

(Image: Lazada)

Untuk mendapatkan hasil makanan goreng tepung yang benar-benar krispi, usahakan anda menggunakan minyak dalam jumlah banyak untuk menggoreng secara deep frying, sehingga semua bagian makanan anda terendam dengan sempurna. Jangan lupa juga memastikan bahwa minyak sudah benar-benar panas saat anda mulai menggoreng. Memasukkan bahan makanan saat minyak belum panas hanya akan membuat hasil akhir gorengan anda jadi sangat berminyak dan tidak matang sempurna.

Supaya lebih mudah menggoreng secara deep frying, gunakan Maspion Multi Fryer (lihat di Lazada DISKON). Satu paket penggorengan ini terdiri dari panci penggoreng dan saringan. Dengan adanya saringan ini, gorengan berbalut tepung akan bisa digoreng hingga terendam dalam minyak. Gorengan pun akan lebih renyah, garing, dan matang merata.

5. Hindari menggoreng terlalu banyak

Jangan mentang-mentang menggunakan banyak minyak, anda lalu juga menggoreng banyak bahan sekaligus sampai wajan atau penggorengan penuh sesak ya. Goreng bahan makanan secukupnya saja dan berikan cukup ruang agar proses memasak bisa berjalan dengan baik. Anda pun bisa mendapatkan hasil gorengan balut tepung yang benar-benar krispi.

6. Tiriskan minyak

Terakhir, setelah gorengan balut tepung anda matang, tiriskan minyaknya terlebih dahulu beberapa saat agar sisa minyak bisa turun dan makanan pun bisa krispi lebih lama.

Biasanya, kerenyahan dari makanan goreng balut tepung tidak bisa bertahan lama. Jadi usahakan anda langsung mengonsumsinya sampai habis dan selagi hangat. Kalaupun harus menyimpannya, pastikan simpan dalam wadah kedap udara yang telah dialasi tisu atau kertas nasi untuk mempertahankan kerenyahan makanan anda.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi