Penulis: Manggarayu.K

Biasanya saya kalau sedang bosan atau stres, rasanya mulut ingin mengunyah sesuatu. Namun makan siang masih dua jam lagi dan minimarket cukup jauh dari jangkauan saya. Lihat-lihat pantri dan kulkas, yang bisa menolong hanya mie instan. Tapi sebentar, saya sudah makan mie instan lima kali dalam sebulan ini. Ah, makin stres!

Saya coba lihat lagi isi pantri dan kulkas. Ada bahan-bahan dasar untuk masak seperti telur, tepung terigu serbaguna, minyak goreng, mentega atau margarin, gula, garam, dan tentu saja air. Saya pun pergi ke dapur dan menemukan bumbu-bumbu dasar seperti bawang-bawangan, cabai, dan lada bubuk. Nah, daripada lagi-lagi makanan instan, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkreasi di dapur, kan? Dan tenang saja, berikut delapan inspirasi kudapan enak tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

1. Onion Ring

onion rings gurih

Kalau anda pergi ke restoran fast food Amerika, kudapan ini pasti ada di daftar menu. Harganya lumayan mahal tapi seringkali porsinya kecil. Nah, mumpung di rumah ada bawang bombay, kenapa tidak bikin sendiri? Bagi anda yang pada dasarnya tidak suka bawang bombay, terutama jika harus makan dalam bentuk asli, sekarang tak perlu takut mencoba onion ring karena sekali gigit, sama sekali tak terasa bawangnya! Bentuknya seperti cincin, digoreng crispy, dan disajikan pakai saus favorit anda. Dijamin anda langsung jatuh cinta!

2. Risoles

risoles ragout

Konon risoles adalah makanan para bangsawan Eropa, yang diadaptasi oleh orang pribumi menjadi kudapan populer di Indonesia. Sekarang risoles bervariasi isinya. Kalau biasanya hanya diisi daging atau ayam, ada pula risol ragout yang berisi aneka sayuran dengan dibalut kentalnya adonan margarin, tepung, dan susu. Sekarang juga ada risol mayo yang pada dasarnya berisi mayonaise dan saus sambal, tapi banyak orang memodifikasi dengan tambahan sosis, smoked beef, keju, atau irisan telur rebus.

3. Cilok

Nah, kalau kudapan ini sering dijual di depan sekolah saya dulu. Kudapan ini berasal dari Bandung dan sudah mulai tersebar ke berbagai daerah termasuk ke depan kampus dan kantor anda. Bentuknya mirip bakso ikan tapi ketika digigit, teksturnya kenyal-kenyal licin. Apalagi kalau dimakan saat panas dengan saus kacang, hmm, satu suap tidak cukup!

4. Bitterballen

bitterbalen

Satu lagi warisan zaman penjajahan, Bitterballen mirip dengan kroket hanya saja tidak pakai kentang. Bitterballen merupakan kudapan favorit orang Belanda yang terbuat dari campuran terigu, daging giling, margarin, dan susu. Bentuknya bulat mini seperti bakso, oleh karenanya sering disebut dutch meatballs. Bedanya dengan bakso Indonesia, Bitterballen memakai tepung panir sebagai pelapis luarnya. Eh, meskipun ada “bitter” bukan berarti kudapan ini rasanya pahit, ya.

5. Cheese Stick

cheese stick

Siapa sih yang bisa menolak keju? Zaman sekarang bahan makanan ini sering ditambahkan ke dalam makanan berat atau ringan. Saking populernya, keju bisa dibuat berbagai jenis makanan dan salah satunya adalah cheese stick. Tentu semua setuju, kan, kalau makanan apapun yang digoreng rasanya pasti enak? Cheese stick juga sangat mudah dibuat dan tidak butuh waktu lama. Pilih keju kesukaanmu (bisa cek referensinya di sini), campurkan ke dalam adonan tepung, dan goreng, deh!

6. Pisang Goreng

pisang goreng renyah

Bagi anda yang suka ngopi-ngopi dan nongkrong, pasti tidak asing dengan kudapan satu ini. Pisang goreng memang teman ngumpul yang sejati. Selain murah, kudapan ini cocok untuk segala usia dan suasana. Rasa manis dari pisang bercampur dengan crispy-nya tepung, wah siapa yang berani menolak?

Bagaimana daftar di atas? Kedengarannya enak, kan? Kudapan-kudapan di atas juga bisa dijadikan persediaan jika sewaktu-waktu anda ingin ngemil. Kalau anda buat porsi yang lebih banyak, bahan-bahan yang belum digoreng bisa disimpan di kulkas agar tahan lama. Selamat mencoba, ya!