Penulis: Vira | Editor: Ria

Sebagai konsumen atau penggemar buah, seringkali kita dibingungkan ketika akan membeli buah dengan bentuk unik yang satu ini. Ketika pergi ke pasar, kita bisa melihat nanas diperjualbelikan dengan dua cara yang berbeda, ada yang telah dikupas dan ada juga yang masih lengkap dengan kulitnya. Jika membeli buah nanas kupas, beberapa dari kita biasanya kurang yakin akan kebersihan dari buah nanas itu sendiri. Sedangkan jika membeli nanas yang masih utuh, kita akan mengalami kesulitan ketika mengupasnya. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh buah nanas yang memiliki kulit dengan sisik-sisik yang tajam, sehingga kebanyakan dari kita bingung ingin memulainya dari mana atau memotongnya seperti apa. Supaya anda tak bingung lagi, yuk simak tips mengupas dan memotong buah nanas berikut.

1. Memotong daun dan pangkal buah nanas

Pertama, anda bisa meletakkan nanas yang sudah dicuci dengan air bersih di atas talenan yang datar. Setelah itu, anda potong bagian daun yang tajam serta pangkal bagian bawah dari buah nanas. Ada baiknya ketika memotong bagian daun nanas, anda bisa memotong sedikit dari daging buah yang terletak di dekat daun. Eitts, sedikit aja ya, sebab jika terlalu banyak, sari buah yang terkandung dalam buah nanas akan banyak keluar juga.

2. Mengupas kulit nanas secara vertikal

Kalau sudah memotong daun dan pangkal buah nanas, anda bisa meletakkan buah nanas tadi secara vertikal atau berdiri di atas talenan. Setelah itu kupas kulitnya secara vertikal atau dari atas ke bawah. Kupas terus perlahan dengan cara memutar nanas sampai semua kulit sudah terkelupas. Usahakan ketika mengupas kulit nanas, jangan terlalu banyak memotong daging buahnya, ya.

3. Menghilangkan ‘mata’ pada daging buah nanas

Ketika semua kulit sudah terkelupas, anda bisa melihat daging buah nanas yang memiliki ‘mata’ yang berbaris secara diagonal. Nah, untuk menghilangkan ‘mata’ dari buah nanas ini,  letakkan pisau anda sesuai dengan barisan mata nanas tersebut, yaitu secara diagonal atau dengan sudut sebesar 45 derajat. Buat potongan yang miring dan melingkar sesuai alur untuk mengeluarkan mata nanas tersebut. Hal ini dilakukan agar potongan nanas tetap terlihat rapih ketika disajikan.

4. Potong buah nanas sesuai selera

Setelah semua ‘mata’ dari daging buah nanas sudah dibuang, potong buah nanas sesuai selera anda. Bisa membujur, melintang, dengan ukuran kecil, atau ukuran yang besar. Dan buah nanas pun siap disajikan.

Itulah tips yang bisa anda gunakan untuk mengupas dan memotong buah nanas. Ternyata tak begitu sulit, bukan? Jadi untuk selanjutnya, tak perlu pusing dan bingung untuk mengupas buah nanas yang baru anda beli. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.