(Image: Istock)

Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Jamur sering digunakan sebagai bahan alternatif pengganti ayam, daging dan ikan, apalagi jamur tiram. Jenis jamur yang tidak beracun ini sering disuwir saat dimasak, membuatnya semakin mirip dengan daging-dagingan. Banyaknya kandungan gizi dan variasi masakan yang bisa dibuat dari jamur tiram, membuatnya semakin banyak dikonsumsi. Tidak sulit menemukan jamur ini, anda bisa membelinya di pasar, supermarket atau langsung dari tempat budidayanya. Anda juga bisa membeli bibit jamur tiram yang sudah dikemas sedemikian rupa sehingga tinggal memanennya langsung saat sudah mekar.

Tapi pernahkah anda mencium bau aneh pada jamur tiram? Kalau tidak diolah secara benar, jamur sering mengeluarkan bau aneh seperti bau kayu atau langu meskipun sudah dimasak. Bau aneh tersebut sering membuat masakan menjadi kurang enak dan membuat orang enggan memakan jamur. Agar jamur tiram tidak berbau aneh, ada beberapa tips yang bisa anda coba di rumah.

1. Pilih jamur yang segar

Jamur tiram yang segar memiliki warna putih bersih, batangnya kenyal, bentuknya mekar sempurna, tidak berair, tidak lembek dan berbau segar. Untuk mendapatkan jamur yang segar, belilah di pasar tradisional atau dari tempat budidayanya langsung.

Jika anda beli di supermarket, biasanya jamur kurang segar karena sudah dikemas beberapa hari. Jamur yang kurang segar terlihat lebih layu, basah, berbau, dan lebih berair.  Jamur tiram yang kurang segar saat dicuci warnanya akan berubah menjadi kecoklatan dan lembek karena mengandung banyak air. Jamur tiram seperti itu yang menyebabkan masakan jamur tidak enak.

2. Cuci bersih

Setelah membeli jamur tiram, segera simpan di tempat yang sejuk. Jika akan dimasak, potong bagian ujung batang atau akar jamur yang menyimpan bau aneh. Setelah itu cuci di air mengalir sambil dikibaskan. Jamur tiram tidak perlu diremas setelah dicuci agar tidak menjadi layu dan kehilangan teksturnya.

3. Rendam jamur

Jika jamur tiram masih berbau aneh, anda dapat merendam jamur dengan air garam selama 10 menit. Cara ini juga dapat membersihkan jamur dari kotoran dan serangga yang menempel.

Tapi kalau anda ingin membuat jamur krispi yang terkenal garing dan renyah, sebaiknya jangan rendam jamur. Cukup cuci bersih dan kibas-kibaskan. Air yang banyak meresap akan menyebabkan jamur tidak bisa garing dan menyerap banyak minyak.

4. Masak dengan aneka rempah dan bumbu

Jarum tiram yang sudah anda rendam masih berbau aneh juga? Kalau hal itu terjadi, olahlah jamur menjadi masakan yang menggunakan banyak bumbu atau rempah bercita rasa kuat. Seperti oseng jamur yang menggunakan cabe rawit, serai, lengkuas, dan daun salam. Atau masakan lainnya seperti pepes, gulai, dan sate jamur.

Hal penting lagi mengenai bahan masakan yang satu ini: segeralah masak jamur setelah dibeli dan jangan disimpan terlalu lama. Semakin lama disimpan di kulkas, jamur akan semakin mengeluarkan bau yang menyengat. Selamat mencoba tips-tips di atas, ya.