(Image: Serious Eats)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Keluarga saya sangat suka makan ikan. Seringnya, ikan akan digoreng garing, dibuat ikan bakar atau balado ikan. Waktu makan bersama nasi hangat plus sambal, rasanya benar-benar lahap dan bahagia. Namun semua itu sirna kala melihat wajan atau panci di bak cuci yang baunya amis. Kalau bau amisnya tak hilang, pastinya menganggu citarasa masakan lain yang dibuat dengan peralatan masak tersebut. Agar hal tersebut tak terjadi, yuk, bersihkan bau amis dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur berikut!

1. Jeruk lemon atau nipis

Baik jeruk lemon atau jeruk nipis, keduanya punya kandungan asam yang dijamin dapat mengusir bau amis. Bahkan tak hanya dilumuri pada ikan, jeroan, dan daging lainnya, kedua jeruk ini juga bisa menghilangkan bau amis di peralatan masak. Caranya, peras air jeruk cukup banyak dan celupkan ujung kain. Gosok permukaan panci, wajan, hingga perkakas masak dengan kain basah tersebut hingga bau amisnya hilang. Setelah itu, cuci peralatan masak hingga bersih.

2. Kulit jeruk lemon

Selain air jeruk, kulit jeruk lemon juga terbukti ampuh menghilangkan bau amis. Jadi, jangan buang kulit-kulit jeruk setelah bikin ayam saus lemon, ya. Caranya, rebus kulit jeruk hingga mendidih, lalu tuang di permukaan panci atau wajan hingga penuh. Atau, bisa juga dengan mencelupkan perkakas yang bau amis pada air rebusan kulit jeruk.

3. Baking soda

Baking soda lebih dikenal sebagai pengembang kue. Namun ternyata, bahan pengembang ini juga bisa mengusir bau amis, lho. Caranya, campurkan air dengan baking soda secukupnya hingga jadi larutan. Tuang larutan tersebut pada wajan dan panci yang bau amis. Pastikan permukaan wajan dan panci tertutup larutan baking soda, ya. Atau, bisa juga digosokkan pada perkakas masak dengan kain. Diamkan beberapa saat, lalu cuci hingga bersih. Ulangi langkah di atas jika masih bau amis.

4. Ampas kopi atau teh

Kopi dan teh pastinya memiliki aroma khas ketika diseduh. Setelah meneguknya hingga habis, dua minuman ini pastinya meninggalkan ampas di dasar cangkir atau teko. Jangan langsung membuangnya ke tong sampah karena ampas-ampas ini bisa membantu usir bau amis. Caranya, rebus ampas-ampas tersebut dalam panci atau wajan yang bau amis hingga mendidih. Selanjutnya, diamkan kurang lebih 15-20 menit hingga bau amis hilang dan bilas hingga bersih.

5. Tepung terigu

Awalnya, saya tak percaya kalau terigu saja bisa mengusir bau amis di peralatan masak. Namun setelah mencoba, boleh lah diadu dengan empat bahan alami lainnya. Caranya simple sekali, yakni taburkan tepung terigu pada wajan, panci, atau perkakas masak yang bau amis. Gosok perlahan bagian yang amis tersebut lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas peralatan masak hingga bersih.

Nah, mudah kan? Sekarang tak ada lagi alasan menunda cuci piring karena amis, ya. Poin plusnya, bahan-bahan alami ini tentunya ramah dengan hampir semua peralatan masak, sehingga meminimalisir risiko bahan kimia dalam sabun cuci. Dari 5 opsi di atas, mana yang sudah anda coba?

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi