(Image: Shutterstock)

Penulis: Dara.M | Editor: Ria

Saking senangnya makan mie, di manapun berada, mie-lah yang menjadi pilihan makan pertama saya. Sampai-sampai, teman saya selalu bisa menebak menu apa yang akan saya pilih setiap datang ke tempat makan. “Pasti mie!” Begitu mereka menjawab serentak dan saya hanya bisa tersenyum sambil menulis menu itu di kertas pesanan.

Beberapa kali kejadian, menu mie pesanan saya disajikan namun tak memenuhi harapan. Seperti warna mie goreng yang tidak merata. Di satu bagian masih terlalu pucat sementara bagian lainnya terlalu gelap. Setelah diicipi, mie seperti ini biasanya juga memiliki rasa yang tidak sama disetiap suapannya karena bumbunya tidak tercampur rata. Mie yang menggumpal sebelum dimasak, biasanya jadi alasan mengapa ini bisa terjadi.

Hal-hal seperti itu walau terlihat sepele, tetapi dapat mempengaruhi selera makan dan daya terima konsumen, lho. Bukan hanya bumbu, terkadang dari dasar pemasakan mie-nya pun sudah bermasalah. Berapa kali kita menemukan mie yang dimasak tidak sempurna, seperti terlalu lembek ataupun terlalu keras.

Dari sini saya jadi paham bahwa memasak mie bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kejadian tersebut tidak terjadi. 

1. Perhatikan Waktu Merebus

Agar mie tidak lembek, atau bahasa populernya lodoh, pastikan kamu merebus mie dalam waktu yang tepat atau jangan terlalu lama. Mie yang lembek pasti tidak akan nikmat untuk disantap. Menurut pengalaman saya, jangan sekali-kali kamu meninggalkan kompor saat merebus mie, agar kamu dapat melihat perkembangan mie saat direbus.

Selain itu, kamu harus pastikan untuk memasukkan mienya saat air sudah mendidih. Karena jika kamu memasukkan saat air belum mendidih, mie akan mudah hancur dan lembek.

2. Olesi Minyak Setelah Direbus

Cara yang satu ini bertujuan agar mie yang kamu buat tidak menggumpal. Mudah kok, hanya cukup menuangkan beberapa tetes minyak sayur ke dalam mie setelah ditiriskan, kemudian aduk hingga merata. Mie pun siap diolah menjadi hidangan yang menggugah selera. Oya, kamu juga bisa menambahkan tetesan minyak itu ke dalam rebusan air sebelum mie dimasukkan.

3. Rendam Dalam Air Dingin

Kalau kamu tidak ingin mienya berminyak, kamu bisa gunakan cara lain agar mie tidak menggumpal, yaitu dengan merendam mie ke dalam air dingin setelah direbus. Angkat dan tiriskan mie yang sudah direbus, kemudian langsung masukkan dalam air dingin selama 1 menit saja. Setelah itu, tiriskan mie dan kamu dapat mengolahnya lagi tanpa takut mienya menggumpal, deh.

Kamu tidak harus memakai air bersuhu dingin atau air es. Air minum suhu normal (suhu ruang) juga bisa kamu gunakan. Yang terpenting, pastikan airnya matang dan layak diminum.

Banyak menu hidangan yang bisa dibuat dari bahan dasar mie. Hidangan mie yang paling popular di kalangan masyarakat yaitu mie godog jawa atau biasa dikenal dengan mie tek-tek. Disebut mie tek-tek karena si penjual biasanya memukulkan stik bambu tipis panjang ke wajan penggorengan ketika menjajakan dagangannya, sehingga berbunyi ‘tek..tek..tek’. Dengan tips di atas, jika kamu ingin membuat mie tek-tek sendiri di rumah, maka mie kamu tidak akan menggumpal lagi dan bumbunya bisa tercampur rata, deh. Selamat mencoba!