Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Kacang goreng sering digunakan oleh banyak orang sebagai bahan utama pembuatan bumbu pecel, bumbu batagor dan siomay, atau bumbu rujak. Meskipun sekarang sudah banyak bumbu kacang instant yang mudah ditemukan di mana-mana, tapi tetap saja saya lebih suka membuat bumbu kacang sendiri. Selain lebih gurih dan sehat, bumbu kacang buatan sendiri bisa disesuaikan tingkat kehalusannya. Saya lebih suka menguleknya kasar, sehingga tekstur kacangnya semakin terasa.

Menggoreng kacang ternyata juga perlu teknik tersendiri. Dulu beberapa kali saya juga mengalami kegagalan. Pernah sekali waktu saya menggorengnya sampai sebagian kacang terlihat kehitaman sehingga tidak bisa dipakai dan terpaksa dibuang. Karena takut terlalu matang, saya juga pernah mengangkatnya terlalu cepat sehingga kacang masih mentah dan rasanya tidak enak. Agar anda tak mengalami hal seperti saya, yuk, perhatikan tips menggoreng kacang berikut ini.

1. Pilih kacang tanah yang bagus

Hal pertama yang harus anda lakukan saat akan mengolah kacang tanah adalah memilih kacang tanah dengan kualitas bagus. Kacang tanah berkulitas memiliki ciri yaitu kulit arinya berwarna terang dan ukurannya sama. Hindari membeli kacang dengan ukuran yang berbeda-beda karena akan membuat kacang matang secara tidak merata.

Baca juga: Tips Memilih 4 Jenis Kacang Murah Namun Bergizi Tinggi

2. Rendam kacang tanah dalam air mendidih

Jika anda membeli kacang tanah nonkupas dan akan langsung mengolahnya setelah dibeli, maka rendamlah kacang dalam air mendidih selama kurang lebih sepuluh menit sampai kulit arinya melunak dan bisa dikupas. Pastikan untuk mengupas kulit ari tersebut sampai benar-benar bersih agar nantinya kacang tidak terasa pahit.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Kacang Tanah agar Awet

3. Perhatikan perbandingan antara minyak dan kacang

Sebelum menggoreng kacang, sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu takaran minyaknya. Panaskan minyak dengan takaran yang lebih banyak dibanding kacang, agar kacang terendam seluruhnya. Anda pun hanya perlu mengaduknya sesekali saja dan kacang akan matang secara merata.

Coba juga: Resep Kacang Bawang Gurih dan Garing

4. Angkat kacang ketika belum benar-benar matang

Setelah minyak panas, goreng kacang hingga berwarna kuning muda, lalu segera angkat. Meskipun sudah diangkat, proses memasak pada kacang masih terjadi selama beberapa saat. Saat itulah kacang akan matang dengan sempurna. Hindari menggoreng kacang sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan karena kacang akan menjadi terlalu matang bahkan gosong.

Coba juga: Resep Kacang Telur Gurih, Manis, dan Renyah

Sekilas menggoreng kacang terlihat sepele, tapi sebenarnya cukup menantang. Anda perlu trik khusus agar hasil akhirnya bisa matang sempurna dan pas. Tidak hanya terlalu matang atau gosong, jika memasaknya kurang tepat maka kacang juga bisa masih terasa mentah. Selamat mencoba tips di atas!

4 Tips Menggoreng Kacang agar Matang Sempurna
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3 (60%) 3 votes