Advertisement

Resep Singkong Thailand

Gambar Hasil Membuat Resep Singkong Thailand

Bahan-bahan

Hasil:
Singkong - 1 kg
Gula pasir - 200 gram
Air - 1,5 liter
Bawang putih, ulek bersama garam secukupnya - 1 sdt
Santan instant - 100 ml
Air - 100 ml
Tepung ketan - 1 sdm
Lihat Resep Versi RasaBunda

Resep Singkong Thailand

  • 60 Menit
  • Hasil: 6 Porsi
  • Tingkat kesulitan: Mudah

Ingredients

Catatan

IG:@tiyarahmatiya

Jika di Indonesia singkong bisa diolah menjadi berbagai macam olahan seperti keripik, opak, dan singkong goreng, di Thailand terdapat pula kudapan berbahan dasar singkong yang bernama singkong Thailand. Meskipun belum setenar mango sticky rice, kudapan yang sering disebut sebagai sweet cassava ini juga bisa ditemukan di restoran yang menyajikan aneka makanan khas Thailand.

Singkong Thailand terbuat dari potongan singkong yang direbus yang dilumuri dengan saus santan. Rasa singkong yang manis karena direbus bersama gula dipadukan dengan gurihnya saus santan yang kental. Walau camilan ini khas dari negeri seribu pagoda ini, Anda tidak harus pergi ke restoran Thailand karena Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.


Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi
Hubungi Kami di [email protected]


Langkah Versi RasaBunda

1
Sudah

Kupas singkong lalu cuci sampai bersih, kemudian potong-potong.

2
Sudah

Didihkan 1,5 liter air lalu rebus singkong sampai setengah matang.

3
Sudah

Masukan gula lalu rebus sampai singkong empuk, sisihkan.

4
Sudah

Untuk membuat saus santan: rebus santan instant, air dan garam sampai mendidih kemudian masukan tepung ketan, aduk sampai mengental.

5
Sudah

Sajikan singkong dengan siraman saus santan di atasnya.

6
Sudah

TIPS

1. Pilih singkong kualitas bagus dengan cara mematahkan sedikit ujung singkong, bila tidak ada warna kehitaman artinya singkongnya bagus.

2. Pilih singkong yang bagian kulitnya berwarna pink dan bagian putih dagingnya teraba kesat.

3. Gunakan GM Bear Set Pisau Dapur isi 5pcs (Lihat di Lazada DISKON) agar memotong singkong lebih mudah. Berbahan material stainless steel yang berkualitas dan kuat digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan makanan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars
Loading...

6 Comments Hide Comments

Sepertinya ada kesalahan dalam penulisan resep, karena di resep ada “bawang putih ulek bersama garam secukupnya-1sdt”. Tapi di cara pembuatan tidak ada bawang putih. Lagipula saya banyak resep Singkong Thailand tidak ada yang menggunakan bawang putih. Terima kasih.

Add Your Comment