Nanas, si buah kuning eksotis yang banyak manfaatnya ini, selain segar, juga gampang banget kita temukan di pasar-pasar dengan harga yang ramah di kantong. Banyak sih yang bilang mengolah nanas itu ribet. Tapi sebenarnya mengolah si kuning cerah ini gampang loh asal kita tahu trik yang tepat. Nih simak deh tips-tips yang bakal bikin kita cerdas soal mengolah nanas.

Gimana sih mengenali nanas yang matang?

Kalau lagi belanja ke pasar atau supermarket tapi malu nanya sama penjual, ini nih cara dan tips memilih nanas yang baik.

1. Coba lihat bagian bawah buah nanas. Kalau warnanya hijau, berarti nanas belum matang. Kalau warnanya kuning keemasan, artinya nanas sudah matang. Tapi kalau warnanya kemerahan, berarti sudah terlalu matang. Gampangnya, semakin tua warna bagian bawah buah nanas, artinya semakin matang dan semakin manis rasanya.

2. Cium aromanya. Nanas yang matang akan mengeluarkan aroma manis. Kalau nanas nggak mengeluarkan aroma, berarti nanas belum matang.

3. Tarik helai daun di mahkota nanas. Kalau daun mudah tercabut, artinya nanas sudah matang dan siap dimakan. Tapi kalau susah, berarti nanas baru siap dikonsumsi 3-4 hari setelahnya. Catet nih!

Nanas yang dibeli ternyata belum matang. Gimana dong?

Balik buah nanas dengan bagian dasar di atas dan bagian daun di bawah supaya gula yang ada di dasar nanas mengalir ke seluruh bagian buah. Biarkan beberapa waktu hingga nanas berwarna keemasan.

Atau masukkan nanas dalam kantong yang berisi beras dan diamkan beberapa waktu. Beras akan mengikat gas etilen sehingga merangsang nanas untuk matang. Cara ini juga banyak digunakan untuk pemeraman alami pada banyak buah lainnya loh.

Nanas sudah dikupas, tapi ternyata masih asam. Help!

Buang bagian tengah nanas. Itu adalah bagian yang paling asam dari buah nanas. Lalu masukkan sisa potongan buah nanas yang lain ke dalam mangkuk yang telah diberi satu sendok teh garam selama 30 menit. Asin? Jangan kuatir, nanas nggak akan terasa asin kok. Garam disini menetralkan pH asam dalam nanas dan mengurangi asamnya tanpa mempengaruhi rasa.

Sudah beli nanas yang matang, tapi belum mau dipakai. Gimana dong biar nanti nggak kematengan?

Simpan nanas dalam lemari es dengan kondisi utuh tanpa mahkota daunnya. Caranya, puntir mahkotanya hingga lepas. Jangan diiris ya guys! Karena nanas buah mudah sekali menyerap udara di sekitarnya, simpan nanas dalam keadaan terbungkus plastik sehingga nanas nggak gampang teroksidasi.

Gimana ya caranya supaya nanas berair banyak waktu dijus?

Sama seperti cara mematangkan nanas, balik nanas dengan mahkotanya berada di bawah. Ini akan membuat cairan di dasar buah nanas mengalir ke seluruh bagian nanas hingga daging buah nanas menjadi juicy. Sluuurp!

Nanas sudah dimakan. Bisa nggak sih sisa bagiannya dimanfaatkan untuk ditanam?

Ambil mahkota buah nanas. Cabut daun-daun di bagian mahkota terbawah. Tusuk melintang bagian bawah yang nggak berdaun dengan tusuk gigi, lalu taruh di atas segelas air. Dalam seminggu, akar-akarnya pasti sudah tumbuh lebat tuh maka nanas siap dipindah atau ditanam di tanah. Psst, bibit nanas ini bisa digunakan sebagai souvenir untuk acara spesial loh. Cool ideas!

Setelah baca tips-tips di atas, jadi makin cerdas dan banyak tahu soal mengolah nanas kan. Jangan lupa share ilmunya ke teman-temanmu yang lain ya guys!