Image: nowbali.co.id

Penulis: Graminda | Editor: Ria

Banyak orang yang menyesal di akhir liburan. Bukannya recharged, berat badan malah naik drastis. Banyak icip makanan sana sini ditambah malas berolahraga akan rubah akhir liburan anda menjadi bencana.

Liburan tanpa penyesalan sebenarnya bisa didapatkan, asal anda mampu mengontrol diri. Lalu, apa saja yang harus dilakukan? Terapkan tips berikut ini.

1. Jangan Lupakan Sarapan

Liburan bukan berarti skip sarapan ya. Sarapan sangat penting supaya tetap berenergi dan semangat beraktivitas. Sarapan juga bantu kontrol konsumsi cemilan, lho! Tidak usah yang kompleks, asalkan tetap bergizi.

Akan lebih seru kalau anda mencoba sarapan khas daerah tersebut. Misalnya, pecel pincuk madiun atau lontong sayur padang. Berwisata kuliner namun tetap menyehatkan!

Coba Resep: Resep Lontong Sayur Padang

2. Kontrol Cemilan

Konsumsi cemilan diantara jam makan bisa bantu kontrol rasa lapar. Efeknya, anda tidak akan lost control saat makan berat. Asal, porsi cemilannya dibatasi ya! Pilih cemilan lokal yang sehat seperti rujak cianjur, asinan bogor, atau bubur kacang madura.

Coba Resep: Resep Rujak Serut

Hindari cemilan yang tinggi karbohidrat dan lemak seperti keripik, cookies, permen, soda apalagi cokelat. Mumpung sedang liburan, menu camilan pun harus beda dong dari hari  biasanya.

3. Kontrol Porsi Makan

Liburan memang waktunya mencicipi kuliner lokal, tapi tetap kontrol porsi makan ya. Cicipi makanan sekedarnya atau beli setengah porsi saja. Lebih hemat dan sehat!

Trik lainnya yang bisa dicoba yaitu makan sharing dengan kawan liburan anda. Walau hanya beberapa suap, tapi anda bisa coba berbagai macam kuliner. Kalori tetap terjaga, tidak kekenyangan, dan bebas sisa makanan.

4. Tetap Makan Buah dan Sayur

Kuliner lokal banyak macamnya, mulai dari yang berkuah, bersantan hingga berlemak. Meski sedikit, jika terlalu sering pasti berat badan akan naik juga. Selipkan konsumsi sayur dan buah lokal diantara cemilan agar lebih sehat. Contoh, jeruk bali atau duku palembang.

Baca Juga: 8 Jenis Jeruk yang Bisa Dijumpai di Indonesia

5. Tetap Sempatkan Olahraga

Adalah suatu keberuntungan jika anda pilih jenis wisata yang tinggi aktivitas fisik seperti mendaki gunung, menyelam, ataupun kayak. Jika pun tidak, anda harus sempatkan olahraga kecil yang bisa dilakukan di mana saja seperti push up, sit up, dan plank.

Alternatif lain adalah memilih hotel atau guest house yang memiliki sarana olahraga. Seperti gym, kolam renang, atau lapangan tenis.

Lebih pilih menggunakan transportasi umum, menyewa sepeda, atau berjalan kaki untuk berkeliling destinasi wisata adalah strategi tepat untuk jaga tubuh tetap fit saat liburan.

Trik mudah lainnya yaitu gunakan ikat pinggang atau baju pas badan saat liburan. Fungsinya, sebagai pengingat agar anda bisa kontrol diri saat makan. Liburan sehat, pikiran dan badan pun segar. Selamat berlibur!

7 Trik Cerdas Cegah Berat Badan Naik Saat Liburan
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)