Penulis: Vira | Editor: Ria

Siapa sih, yang tak suka dengan sajian bakso? Kalau saya sih suka banget. ‘Buntalan’ daging dengan bentuk seperti bola ini memang favoritnya banyak orang. Apalagi kalau di musim hujan, dingin-dingin ditemani bakso rasanya sedap banget! Tapi, sayangnya baru baru ini banyak rumor yang menyebutkan bahwa ada oknum-oknum jahat yang membuat bakso bukan dari daging sapi.

Melainkan menggunakan daging lain yang seharusnya tak boleh kita konsumsi. Hiiy, seram juga ya. Kadang saya memang khawatir setiap kali membeli bakso di luar, takut akan bahan-bahan aneh yang dimasukkan oleh si penjual, tapi jika mau buat bakso sendiri di rumah sepertinya sulit. Kalau anda berpikiran seperti saya, sekarang gak perlu khawatir lagi karena dalam artikel ini saya akan menjelaskan tips dan trik untuk membuat bakso sendiri di rumah. Langsung saja, check this out!

1. Menggunakan daging yang berkualitas

Untuk menghasilkan bakso yang enak, anda harus menggunakan daging yang berkualitas. Gunakanlah daging yang segar. Jangan sampai anda menggunakan daging frozen yang telah dicairkan, karena hal tersebut akan mempengaruhi rasa bakso. Saya punya tips nih buat anda, bagian daging sapi yang paling tepat untuk dijadikan bakso adalah bagian dengan sedikit lemak dan tanpa urat, seperti bagian pundak dari daging sapi.

2. Menghaluskan daging sapi untuk adonan

(Image: Lazada)

Ketika menghaluskan daging sapi, anda harus memastikan bahwa daging sapi telah benar-benar hancur. Sehingga adonan yang dihasilkan pun halus seperti bubur atau pasta kental. Untuk menghaluskan daging, anda bisa menggunakan food processor atau chopper, seperti Cosmos FP300 Food Processor (lihat di Lazada DISKON). Food processor ini memiliki fitur kecepatan turbo yang dapat mempercepat proses menghaluskan daging. Selain itu, desainnya juga sangat ergonomis, sehingga mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana.

Saat menghaluskan daging, jangan lupa untuk menambahkan es batu yang telah diserut. Es batu ini berfungsi untuk mengikat serat daging sehingga bakso pun menjadi kenyal.

3. Gunakan baking powder, baking soda, atau putih telur untuk bakso yang elastis

Kalau anda ingin bakso yang kenyal dan elastis, anda bisa menambahkan baking powder dan baking soda yang berfungsi untuk menaikkan pH adonan sehingga akan menghasilkan bakso yang kenyal dan elastis. Selain baking powder dan baking soda, anda bisa menggunakan putih telur untuk hasil bakso yang lebih elastis.

4. Membentuk bakso bentuk bulat dengan permukaan halus

Terkadang kalau membuat bakso sendiri di rumah pasti hasilnya tidak sebagus seperti yang dijual di pasaran. Membentuk bakso bisa dengan dua cara, pertama anda bisa membentuk adonan bakso di kepalan tangan anda dan menekannya hingga adonan keluar dari sela telunjuk dan ibu jari, lalu gunakan sendok untuk memasukkannya ke air mendidih. Cara kedua, anda bisa menggunakan dua sendok yang sudah dibasahi air untuk membentuk adonan menjadi bulat.

5. Menyelupkan bakso yang telah matang ke air es

Jika bakso yang telah anda rebus selama kurang lebih lima menit di dalam air mendidih sudah matang, anda bisa memasukkan bakso tersebut ke dalam air es. Hal ini diperlukan untuk menghentikan proses pematangan dari si bakso sehingga tidak jadi terlalu lembek.

Nah, itu dia tips dan trik dalam membuat bakso di rumah. Ternyata cukup mudah, kan? Jadi sekarang tak perlu was-was dalam membeli bakso karena anda sudah bisa membuatnya sendiri. Resep-resep lezat di bawah ini bisa langsung anda coba eksekusi di dapur. Selamat mencoba, ya!

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi