Penulis : Atsa

Jagung bisa diolah menjadi beragam sajian, mulai dari asin hingga manis. Mulai dari dijadikan bahan pelengkap sayur asem, jadi bahan gorengan lezat yaitu bakwan jagung, bahkan jadi hidangan manis pun tak kalah nikmat lho. Ingin coba membuat olahan manis dari jagung? Berikut kami sajikan ragam hidangan manis dari jagung yang mudah dan praktis untuk dibuat sendiri di rumah.

1. Lepet Jagung

lepet jagung istimewa

Makanan ringan khas Indonesia ini sangat unik karena dibungkus menggunakan daun jagung. Lepet mungkin sekilas terlihat hampir sama dengan lemet. Tapi, yang membedakan yaitu lemet terbuat dari singkong, sedangkan lepet berbahan dasar jagung.

Kupas jagung dengan hati-hati supaya kulitnya utuh dan lebar-lebar. Pipil jagung, ¾ bagian-nya diuleg kasar atau diparut. Dalam wadah, campur semua jagung, termasuk sisanya yang masih pipilan utuh dengan kelapa parut. Beri sedikit tepung ketan, gula, garam, dan vanili bubuk, aduk rata. Ambil selembar kulit jagung. Isi dengan 2 sdm adonan lepet. Gulung sampai semua adonan habis, lalu kukus selama 30 menit. Angkat dan biarkan dingin.

Baca Juga : Resep Lepet Jagung

2. Jasuke

jasuke hangat sedap

Cemilan nikmat jagung susu keju (Jasuke) sering ditemukan di pinggiran jalan, bahkan kini di mall – mall juga sering dijumpai olahan jagung yang satu ini. Sebenarnya, cemilan yang satu ini mudah lho cara membuatnya.

Panaskan panci kukusan hingga mendidih. Kukus pipilan jagung selama 10 menit, lalu angkat. Dalam wadah, campur jagung dengan margarin, aduk selagi panas sampai merata. Tuang dalam wadah saji, taburi keju parut dan tambahkan kental manis.

Baca Juga : Resep Jagung Susu Keju (Jasuke)

3. Puding Jagung

puding jagung

Selain bisa dijadikan bahan pelengkap dalam sayuran, jagung juga bisa dijadikan menu dessert yang tak kalah enaknya. Misalnya jadi puding jagung yang manis.

Cara membuatnya, sisihkan sedikit jagung pipil terleboh dahulu. Lalu, blender sisanya dengan santan. Sering blenderan jagung tadi, tambahkan lagi santan dan sebagian jagung pipil. Campur dengan bubuk agar-agar, gula, dan garam. Aduk hingga merata.

Masak campuran tersebut sambil terus diaduk-aduk. Tuang ke dalam cetakan puding, biarkan hingga panasnya hilang. Simpan dalam kulkas, sajikan dingin.

Baca Juga : Resep Puding Jagung

4. Kue Talam Jagung

talam jagung legit

Jajanan pasar yang satu ini umumnya dibuat dengan bahan utama tepung beras dan santan saja. Tapi, mengkreasikan olahan jagung berikut ini bisa bikin kue talam semakin nikmat, lho.

Campur jagung dengan santan, blender lalu saring. Tambahkan gula, garam, vanili, dan daun pandan. Masak sampai matang dan mengental. Angkat, lalu tuangkan pada cetakan kue talam. Kukus selama 10 menit.

Buat lapisan santan dari campuran cantan, tepung terigu, tepung tapioka, dan garam. Setelah kukusan pertama selesai, tuang santan pada permukaan kukusan talam jagung. Kukus kembali selama 15 menit. Matikan api dan biarkan dingin. Siap disajikan.

Baca Juga : Resep Kue Talam Jagung

5. Bubur Jagung Manis

bubur jagung

Kalau mau cemilan manis dari jagung yang nikmat dimakan hangat-hangat, bubur jagung manis bisa jadi pilihan. Panaskan santan, gula, garam dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan jagung yang sudah diblender kasar dengan susu cair. Kecilkan api kompor, tuang larutan tepung beras. Aduk hingga mengental dan meletup-letup. Angkat dan sajikan hangat-hangat.

Baca Juga : Resep Bubur (Jenang) Jagung

6. Martabak Keju Jagung

Buat yang suka martabak manis, martabak keju jagung bisa jadi pilihan untuk dibuat di rumah. Langkah membuatnya, larutkan ragi instan, gula dan air diamkan 10 menit hingga berbuih tanda ragi aktif. Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata dengan wisk hingga tidak bergerindil. Tambahkan sebutir telur, aduk kembali. Masukkan mentega cair, aduk kembali hingga rata, diamkan sekitar 1 jam. Lalu tambahkan soda kue, aduk rata.

Panaskan teflon, masak adonan dengan api paling kecil, jangan ditutup hingga bagian atas mengering, tambahkan gula pasir, tutup sebentar sekitar 5 menit, matikan api. Olesi dengan margarin, taburi dengan topping jagung dan keju. Lipat martabak dan iris-iris sebelum disajikan.