Penulis : Niahappy

Ikan bawal adalah termasuk ikan yang mudah dijumpai. Berdaging lembut dan sedikit duri, membuat ikan ini enak diolah jadi apapun. Berbagai cara pengolahan ikan bawal juga banyak dijumpai. Mulai dari digoreng, ditim, hingga dibakar. Anda dapat memilih apapun jenis masakan yang Anda sukai. Nah berikut ragam olahan bawal yang bisa Anda coba!

1. Ikan Bawal Bakar Bumbu Kecap

Ikan bawal bakar bebas bau amis

Ikan bawal berdaging lembut memang paling cocok diolah jadi ikan bakar bumbu kecap yang manis dan gurih. Untuk membuatya sangat mudah dan sederhana lho.

Pertama lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan sedikit garam selama 15 menit. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jahe, kunyit dan garam. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama serai hingga harum. Tuangkan air dan masukkan kaldu, masak hingga mendidih dan mengental. Angkat.

Campur dengan kecap manis. Olesi ikan dengan tumisan bumbu dan margarin hingga rata. Bakar di atas bara api sambil dibolak-balik dan diolesi sisa bumbu dan margarin hingga kedua sisinya matang serta berwarna kecokelatan. Angkat sajikan bersama sambal, lalapan dan nasi hangat.

Baca Juga : Resep Ikan Bawal Bakar Bumbu Kecap

2. Ikan Bawal Bumbu Kuning

Ikan bawal kuning sedap

Ikan masak bumbu kuning yang bercitarasa gurih dan sedikit pedas. Ikan bawal terlebih dulu akan digoreng hingga kering atau sesuai selera. Baru kemudian dimasak bersama bumbu kuning hingga bumbunya cukup meresap.

Cuci bersih ikan lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit. Bilas hingga kesat. Panaskan banyak minyak. Goreng ikan hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai hingga harum.

Tuang santan. Aduk hingga mendidih. Masukkan gula jawa, air asam dan cabai. Aduk rata. Masukkan ikan bawal. Aduk rata dan tutup. Masak hingga kuah mengental dan menyusut. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Bawal Bumbu Kuning

3. Ikan Bawal Goreng Crispy

Makanan yang bertekstur renyah banyak disukai. Rasanya yang gurih dan sensasi kriuk menjadi favorit banyak orang. Bahan makanan yang bisa Anda olah sangat beragam, tentunya ikan bawal. Ikan bawal sangat cocok diolah krispi karena sedikit tulang sehingga memudahkan Anda saat menyantapnya.

Pertama cuci bersih ikan bawal, marinasi dengan air jeruk nipis, bawang putih bubuk, garam dan juga merica bubuk, aduk rata, diamkan sekitar 15 menit. Tiriskan. Lumuri ikan dengan tepung terigu, tepung maizena, merica dan garam sebagai bahan pelapis. Buat bumbu basah campur tepung terigu, tepung maizena, bawang putih bubuk, bubuk kunyir, garam, baking powder, daun bawang dan air es dalam satu wadah. Aduk rata.

Celupkkan ikan ke bumbu basah, lalu lumuri lagi pada bahan pelapis hingga rata. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Goreng ikan hingga matang dan berubah warna kecokelatan. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat dan sambal supaya semakin nikmat.

Baca Juga : Resep Cumi Goreng Tepung

4. Ikan Bawal Goreng Asam Manis

Ikan gurame asam manis goreng

Ikan bawal goreng asam manis adalah salah satu hidangan lezat dan mudah dibuat lho. Karena itu tidak heran apabila masakan ikan bawal goreng asam manis ini banyak dicari dan disajikan sebagai menu andalan banyak orang.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama lumuri bawal dengan jeruk nipis diamkan 10 menit. Cuci bersih. Kemudian bumbui dengan kaldu jamur, garam dan lada, diamkan 30 menit. Lalu, goreng ikan hingga matang. Angkat sisihkan.

Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabai rawit, dan tomat hingga harum. Tambahkan sedikit air. Masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram  dan kaldu. Biarkan mendidih. Tuang larutan maizena. Aduk hingga mengental. Masukkan daun bawang. Koreksi rasanya. Angkat. Tata ikan di piring saji. Siram dengan saus asam manis. Siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Ikan Kerapu Asam Manis

5. Ikan Bawal Goreng Bumbu Tauco

Tanpa menggunakan banyak bumbu, sajian ikan bawal sudah terasa nikmat, namun Anda perlu mencoba menyajikan  ikan bawal goreng yang disiram menggunakan bumbu tauco. Yuk coba bikin!

Cuci bersih ikan bawal. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis, merica dan garam diamkan selama 30 menit. Goreng ikan bawal dengan minyak panas sampai berwarna cokelat keemasan. Tumis bawang putih, jahe, cabai keriting, bombay dan daun bawang hingga harum.

Tambahkan tauco dan air. Masak hingga mendidih. Masukkan ikan ke dalam kuah tauco. Tambahkan kecap manis dan irisan tomat. Beri garam dan Merica. Masak hingga air menyusut. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga : Resep Tahu Tauco

6. Gulai Ikan Bawal

Sajian hidangan lezat untuk keluarga seperti gulai ikan khas Padang bisa jadi pilihan menu makan siang dan malam di rumah.

Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, kunyit bakar, dan kemiri yang sudah dihaluskan bersama serai, lengkuas, kunyit dan daun jeruk. Masak hingga harum.

Tuang santan dan masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan ikan bawal. Beri garam dan gula, aduk perlahan. Masak dengan api kecil hingga ikan matang dan santan telah keluarkan minyaknya. Angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : Resep Gulai Ikan Kakap

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi