Penulis: Tia | Editor: Ria

Menyimpan stok kaldu di kulkas sudah menjadi trik memasak yang lazim dilakukan. Ibu saya pun turut mempraktikkannya di rumah. Jadi, kalau ingin memasak hidangan yang butuh kaldu, tinggal ambil stok ini dan panaskan saja hingga cair.

Dengan adanya stok kaldu ini, proses memasak aneka hidangan pun jadi lebih praktis dan hemat waktu. Jika di resep ada tahapan harus membuat kaldu dari awal, anda bisa melewatkannya dan langsung bisa mengerjakan langkah selanjutnya.

1. Sup krim ayam

cream soup ayam gurih

Sup krim ayam merupakan comfort food yang nikmat disantap kapan saja, terutama saat sedang cuaca dingin dan kondisi badan kurang sehat. Sup krim ayam ini bisa anda buat praktis dan cepat dengan stok kaldu ayam. Panaskan stok kaldu ayam, kemudian, tambahkan berbagai isian seperti pipilan jagung, wortel, dan suwiran daging ayam. Bumbui dengan garam dan merica untuk penguat rasa, serta susu cair untuk mengentalkan kuah sup.

Coba: Resep Cream Soup Ayam

2. Bubur ayam

Kunci dari bubur ayam yang gurih adalah memasak beras di dalam kaldu ayam cair. Supaya tidak memakan waktu lama untuk merebus ayam, anda bisa memanfaatkan stok kaldu ayam yang ada di kulkas. Panaskan stok kaldu ayam hingga mencair, kemudian bagi air kaldu menjadi dua. Satu bagian digunakan untuk memasak beras. Sementara itu, bagian lainnya digunakan untuk membuat kuah kuning bubur yang gurih. Suwiran ayam untuk topping juga bisa menggunakan ayam goreng sisa semalam, lho.

Coba: Resep Bubur Ayam

3. Soto ayam Lamongan

soto lamongan praktis

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu jenis soto yang paling populer di Indonesia. Kuahnya berwarna kuning dan diberi taburan bubuk koya untuk rasa yang gurih. Kuah soto ayam Lamongan ini biasanya berasal dari kaldu ayam kampung. Kalau anda punya stok kaldu ayam di kulkas, menu soto lezat ini bisa anda buat dengan lebih praktis.

Stok kaldu ayam dipanaskan hingga cair, kemudian masukkan jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam sebagai penguat aroma. Tambahkan tumisan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, kemiri, dan merica, lalu aduk hingga kuah mendidih. Siram kuah soto Lamongan ke dalam mangkuk berisi soun, kol, suwiran ayam goreng, dan bubuk koya.

Coba: Resep Soto Ayam Lamongan

4. Mie godog Jawa

Anda tahu kenapa rasa mie godog Jawa itu lebih nikmat dari mie rebus kaki lima lainnya? Soalnya, sajian ini pakai air kaldu ayam sebagai kuahnya. Nah, stok kaldu ayam di kulkas akan memudahkan anda memasak mie godog senikmat di Yogyakarta atau Semarang.

Caranya, panaskan stock kaldu hingga cair. Di wajan terpisah, tumis bumbu halus yang dibuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan merica. Masukkan 1 sendok sayur air kaldu, didihkan, lalu masukkan sayuran, telur, suwiran ayam, dan mie secara berurutan. Santap mie godog Jawa ini dengan taburan bawang goreng, irisan cabai rawit hijau, dan acar timun, ya!

Coba: Resep Mie Godog Jawa

5. Batagor Kuah

Ingin makan batagor, tapi juga ingin menyantap yang hangat-hangat. Kalau anda punya stok kaldu, buat saja batagor kuah kaldu ini. Pertama, buat dahulu batagor dengan mengisi adonan ikan campur udang ke dalam kulit tahu dan kulit pangsit. Kemudian, goreng batagor hingga matang kecokelatan. Selanjutnya, cairkan stok kuah kaldu yang beku, tambahkan garam, merica, dan bawang putih sebagai bumbu, lalu siram deh ke mangkuk berisi batagor. Praktis, kan?

Coba: Resep Batagor Kuah Kaldu

6. Sup Makaroni

Sup makaroni ayam gurih

Selama ada stok kaldu di kulkas, anda bisa berkreasi membuat berbagai macam sup. Salah satunya, sup makaroni. Hidangan sup ini kandungan nutrisinya sudah lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, hingga vitamin dari sayur-sayuran pun sudah tersedia. Membuat sup makaroni pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencairkan stok kaldu, kemudian masukkan wortel, kentang, makaroni, dan suwiran ayam. Untuk bumbunya, cukup bawang putih tumis, garam, gula, dan merica saja, kok!

Coba: Resep Sup Makaroni

7. Sapo tahu

Kalau stok kaldu anda di kulkas tidak terlalu banyak, jangan khawatir. Masih ada kok hidangan lezat yang bisa anda buat, seperti sapo tahu ini. Bahan utama dari sapo tahu adalah tahu sutra atau tahu Jepang yang berbentuk lonjong dan lembut. Tahu sutra ini digoreng terlebih dahulu, kemudian ditumis bersama aneka bumbu dan bahan, termasuk kaldu yang sudah dicairkan. Terakhir, kentalkan kuah sapo dengan larutan maizena agar makin lezat.

Coba: Resep Sapo Tahu

Memiliki stok kaldu ternyata sebuah keuntungan, ya. Kita bisa membuat aneka hidangan dengan waktu yang relatif lebih singkat. Stok kaldu di kulkas anda, akan dimasak apa nih jadinya?

6 Hidangan yang Bisa Dibuat dari Stock Kaldu di Kulkas
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)