(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Selepas acara-acara besar, dapur rumah saya pasti kebanjiran makanan sisa. Beberapa lauk yang terbuat dari santan seperti opor ayam dan gulai ikan tenggiri seringnya hanya dimasukkan ke kulkas oleh ibu untuk dikonsumsi keesokan harinya. Namun yang namanya makanan bersantan, tentu tak bisa disimpan terlalu lama, kan? Apalagi jika cara menyimpannya sembarangan. Nah daripada sisa makanan jadi mubazir, simak tips menyimpan berikut, yuk.

Simpan dalam suhu ruang

Tak perlu khawatir jika kulkas penuh karena anda bisa simpan makanan bersantan di suhu ruang. Caranya, tutup panci berisi makanan bersantan dan panaskan dengan api sedang hingga mendidih bergolak. Setelah itu, matikan api dan buka tutup panci agar uap keluar. Diamkan hingga dingin, tutup kembali panci, dan simpan di tempat kering atau di atas kompor. Makanan bersantan bisa tahan hingga sehari kemudian.

Oh ya, jangan diaduk lagi kalau sudah dipanaskan agar tak terkontaminasi udara. Protein dalam makanan bersantan dapat bereaksi dengan udara dan membuatnya cepat basi. Kecuali jika anda tak tahan ingin menyendok kari daging roti jala untuk terakhir kalinya, boleh saja kok, asal panaskan lagi karinya alias ulangi proses di atas, ya.

Simpan dalam lemari pendingin

Menyimpan makanan bersantan di kulkas memang lebih awet. Anda bisa simpan di lemari pendingin atau freezer. Lakukan dulu proses di atas, yakni panaskan makanan hingga mendidih bergolak lalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, pindahkan makanan bersantan ke wadah kedap udara dan simpan di lemari pendingin atau freezer. Simpan di lemari pendingin bisa tahan maksimal 4 hari, sedangkan menyimpan di freezer bisa tahan sampai 1 minggu.

Nah daripada wadah makanan dibuka-tutup dan bolak-balik masuk kulkas, bagilah makanan bersantan dalam porsi satuan. Masukkan dalam wadah kedap udara atau plastik tebal lalu letakkan dalam lemari pendingin. Jadi kalau ingin makan untuk empat orang, cukup ambil empat wadah saja. Dengan cara tersebut, makanan bersantan tidak akan berubah suhu dan terkontaminasi udara yang membuatnya cepat basi.

Mudah, kan? Anda tak perlu lagi khawatir soal masakan basi. Selain awet beberapa hari ke depan, menyimpan makanan bersantan yang benar dalam kulkas bisa menghindari kontaminasi bakteri, lho. Coba cek cara penyimpanannya yang tepat di sini, ya. Selamat mencoba!