Penulis: Graminda | Editor : Atsa

Susu merupakan salah satu minuman kaya gizi. Oleh sebab itu, sering kali orang minum susu untuk bantu penuhi kebutuhan gizi harian. Kini ada banyak sekali ragam jenis susu, selain susu murni, ada juga susu UHT, pasteurisasi, dan kental manis.

Saat minum susu, pastikan susu tersebut masih layak konsumsi. Sebab, susu punya kandungan protein yang tinggi sehingga mudah basi. Agar tidak asal tebak, anda wajib tahu ciri-ciri susu basi berikut ini.

Baca Juga: Apa Bedanya? Susu UHT Vs Pasteurisasi Vs Susu Segar

1. Wadah Susu Kotor

Wadah kotor bisa jadi sarang kuman atau bakteri. Biasanya, terlihat dari warna susu yang berubah kusam. Penyebab lainnya, karena tutup wadah tidak rapat serta dibiarkan di suhu ruang dalam waktu lama. Sehingga, bakteri berkembang biak dengan bebas dalam susu tersebut.

2. Bau yang Menyengat

Andalkan indera penciuman anda! Susu segar punya aroma wangi creamy yang khas dan ringan. Sedangkan, susu basi berbau masam yang menyengat. Pada kondisi basi tahap lanjut, bau menyengat tersebut langsung tercium dan bikin mual.

3. Tekstur Menggumpal

Lihat tekstur dan penampakan susu dengan teliti. Susu segar bertekstur encer serta warnanya homogen (rata/stabil).

Jika ada gumpalan putih terapung di permukaan, maka susu sudah basi. Di bawah gumpalan, akan terlihat warna susu yang pudar dan cenderung transparan. Susu basi juga ditandai dengan tekstur agak kental.

4. Rasa Asam yang Kuat

Bakteri membuat rasa asam pada susu basi. Rasa asam ‘tajam’ dari susu basi berbeda dengan rasa asam segar pada yoghurt hasil fermentasi. Jangan pernah telan susu basi yang asam tersebut, ya. Cukup rasakan di lidah saja, lalu segera ludahkan. Setelah itu, berkumur dengan air.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Membuat Yoghurt Homemade

5. Didihkan Susu

Bila belum yakin, coba lakukan tes sederhana. Ambil sedikit susu dalam wadah, gelas, atau sendok. Kemudian, rebus susu tersebut.

Jika ada gumpalan atau bagian yang mengendap, berarti susu tersebut basi. Tapi, tes tidak berlaku untuk susu yang banyak mengandung asam. Contohnya colostrum, susu asam, dan yoghurt.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Susu Bubuk Agar Awet

Sekarang, anda bisa lebih hati-hati dalam minum susu. Jangan sampai niat ingin sehat malah jadi minum susu basi. Salam sehat selalu, ya!

Adanya 5 Tanda ini Berarti Susu Sudah Basi
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.7 (73.33%) 6 votes