Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bisa dibilang, lebaran itu satu paket dengan menu opor. Hampir setiap rumah menghidangkan opor saat momen lebaran. Bersama ketupat dan aneka lauk pendampingnya yang pasti memanjakan lidah saudara, kerabat, dan tamu yang berkunjung.

Rumah saya yang selalu jadi tempat berkumpul keluarga besar pun tak mau ketinggalan. Saya biasanya akan membuat opor kuning dalam jumlah banyak hingga 2 panci besar! Ingin tahu tips sukses membuatnya? Simak selengkapnya berikut.

1. Gunakan ayam kampung

Ternyata, pemilihan jenis ayam dalam pembuatan opor akan sangat mempengaruhi citarasa opor, lho. Ayam kampung untuk hidangan hari istimewa pun tidak jadi masalah.

Selain jenis, pilihlah ayam kampung yang betul-betul segar. Kalau saya biasanya akan memesan 4-5 ekor ayam kampung hidup di pedagang langganan. Ayam ini baru akan dipotong saat saya sudah datang dan ikut menyaksikan prosesnya.

2. Perhatikan penggunaan bumbu

Salah satu kunci sukses opor yang lezat terletak pada bumbu yang digunakan. Opor menggunakan bumbu halus yang terdiri dari campuran bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, merica bubuk, ketumbar bubuk, dan masih banyak lainnya.

Agar rasa dan aroma rempah dalam opor lebih keluar, sebaiknya anda menghaluskan bumbu dengan cara diulek. Tapi jika tidak punya banyak, anda juga bisa menghaluskan bumbu tersebut dengan blender. Dengan catatan, gunakan minyak goreng sebagai campuran pengencernya. Jika menggunakan air, maka rasa bumbu akan menjadi hambar.

3. Masak dengan api kecil

Agar mendapatkan hasil masakan opor yang maksimal, pastikan anda memasaknya dengan api kecil, waktu lama, dan alat masak tertutup. Selain membuat ayam kampung lebih empuk, cara ini akan membantu agar bumbu dan rempah lebih meresap ke dalam daging. Sehingga rasa opor pun menjadi semakin gurih dan nikmat.

4. Gunakan dua jenis santan

Untuk menciptakan rasa opor yang gurih, anda perlu menggunakan dua jenis santan. Yaitu santan encer dan santan kental dengan perbandingan sekitar 4:1. Santan encer dimasak bersama opor sejak awal. Sedangkan santan kental dimasukkan saat proses terakhir memasak.

Agar santan kental tidak menggumpal, diamkan dulu opor selama sekitar sejam setelah matang. Hal tersebut bertujuan untuk mendinginkan suhu opor. Jika opor sudah dingin, baru anda bisa memasaknya kembali bersama santan kental sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.

Tidak sesulit yang dibayangkan, bukan? Jika anda tahu triknya, dijamin deh opor ayam lezat dan istimewa akan sukses terhidang saat lebaran.

Coba Resep: Opor Ayam Kuning

4 Tips Sukses & Lezat Memasak Opor Ayam
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)