Penulis : Atsa

Rahasia kelezatan masakan Indonesia diantaranya terletak pada bumbu-bumbu penyedap yang digunakan. Bumbu penyedap bukan selalu yang melalui proses kimia, ya.

Empat penyedap berikut ini terbuat dari udang dan melalui proses pembuatan yang alami. Nah, apa saja bumbu penyedap tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Rebon

Image : tribunnews.com

Rebon dibuat dari udang yang sangat kecil dan dikeringkan. Ya, dibandingkan dengan jenis udang-udangan lainnya, rebon mudah dibedakan karena ukurannya paling terlihat kecil. Panjangnya hanya sekitar 1cm – 1,5 cm saja, lho.

Di luar negeri, udang rebon justru dijuluki terasi shrimp, karena memang udang
ini merupakan bahan baku utama pembuatan terasi.

Udang rebon berwarna kuning kecokelatan dan dijual dalam keadaan kering. Rebon juga dijual dalam kemasan bubuk. Biasanya rebon dihaluskan sebagai penyedap pada beberapa hidangan seperti pempek dos, dan siomay.

Tapi karena menemukan rebon kering biasanya agak susah, anda juga bisa menggantinya dengan ebi kering.

Baca Juga : Resep Pempek Dos

2. Ebi

Image : khofoods.com

Ebi dibuat dari udang yang dikeringkan. Sama-sama terlihat berukuran kecil, namun udang ebi lebih besar dari rebon, lho. Sebelum diolah, ebi perlu direndam dahulu dalam air panas, supaya lebih mengembang dan menjadi seperti udang segar.

Ebi biasa dipakai sebagai bumbu penyedap pada sayuran tumis, sambal goreng, campuran rempeyek, atau campuran kering kentang.

Ketika membeli, pilih ebi yang berwarna jingga alami, ya. Jangan membeli ebi yang terkihat berwarna putih atau abu-abu, tandanya ebi tersebut sudah tak segar lagi.

Baca Juga : Tips Memilih dan Menyimpan Ebi

3. Terasi

Image : www.kompasiana.com

Terasi merupakan produk fermentasi udang rebon, berbentuk padat dan bertekstur kering. Berwarna coklat kemerahan, terasi punya cita rasa gurih yang khas. Karena itulah, terasi udang sering digunakan sebagai penyedap dalam masakan Indonesia, seperti sambal terasi, cah kangkung, bahkan nasi goreng.

Baca Juga : Resep Nasi Goreng Terasi (Belacan)

4. Petis Udang

Image : lifestyle.okezone.com

Petis merupakan hasil olahan ikan atau udang yang dimasak hingga airnya habis dan berbentuk seperti pasta. Petis sendiri ada dua jenis, yaitu petis asin dan petis manis.

Kebanyakan petis asin ini justru terbuat dari ikan pindang, karena umunya dibuat dari kaldu pembuatan pindang ikan yang kaya akan garam. Sedangkan, petis manis lebih banyak dijumpai yang berbahan dasar udang.

Petis asin banyak digunakan sebagai penyedap dan penambah rasa pada beberapa masakan seperti rujak lontong madura, sambal goreng, dan rujak buah. Sementara petis manis sering digunakan sebagai penambah rasa pada hidangan seperti tahu petis, rujak cingur, dan lontong mi Surabaya.

Baca Juga : Kenali Bedanya, Petis Surabaya vs Petis Madura

Itulah 4 bumbu penyedap yang berasal dari udang. Sering digunakan pada resep-resep nusantara, yuk coba juga memasak dengan bumbu-bumbu penyedap tersebut!

Baca Juga : Resep Tahu Petis

4 Bumbu Penyedap Masakan Alami dari Udang
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 3.5 (70%) 2 votes