Penulis: Graminda

Termos yang bocor memang bencana. Apalagi kalau tujuannya untuk dibawa travelling. Selain harus rogoh kocek buat beli termos baru, rencana mau liburan malah jadi berantakan.

Si penahan suhu ini memang berperan besar dalam segala situasi. Sebab, ia punya banyak kegunaan. Kalau dulu untuk menahan panas, sekarang menahan cairan dingin pun bisa. Makanya, penting untuk pilih termos yang berkualitas, supaya tidak perlu beli berkali-kali.

1. Bahan Termos

Termos dibuat dari bahan yang beragam, diantaranya plastik, stainless steel, dan kaca. Namun, kini termos plastik pasti sudah jarang anda jumpai. Sebab, lebih banyak produsen yang memilih bahan kaca atau stainless steel.

Alasannya, kedua bahan tersebut lebih aman digunakan, terutama untuk suhu panas. Selain itu, kemampuan untuk menahan suhunya pun lebih baik dibandingkan bahan lain.

Jadi, sebelum tergiur dengan desain yang unik, cek dulu bahan termosnya, ya!

2. Tahan Panas, Dingin, atau Keduanya?

Dulu, termos memang hanya bisa menahan panas. Sekarang, termos berinovasi jadi alat yang bisa menahan panas maupun dingin. Tapi, beberapa merk masih menjual termos yang hanya menahan panas atau dingin saja (terpisah).

Sesuaikan jenisnya dengan kebutuhan anda. Misalnya, bagi ibu dengan balita, tentunya lebih penting termos yang bisa menahan panas. Sebaliknya, untuk anak muda yang suka hangout atau travelling, termos penahan panas dan dingin akan sangat berguna.

Baca juga: Tips Menyeduh Kopi Agar Semakin Enak

3. Ukuran

Ada termos berukuran kecil 200 mL, bahkan hingga 2.5 L. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran termos dengan tujuan penggunaan. Misalnya untuk keperluan keluarga, tentu pilih termos berkapasitas 1,5-2.5 L. Berbeda dengan termos untuk ke kantor, mungkin kapasitas 0.5 L pun cukup.

4. Pilih Desain Sesuai Kebutuhan

Nah, berbicara soal desain pasti tidak ada habisnya. Prioritaskan kegunaan termos dibandingkan bentuknya yang lucu. Penting agar fungsi termos sesuai dengan kebutuhan anda.

Contohnya termos dengan penutup yang berfungsi sebagai cangkir atau mug. Termos tersebut cocok bila anda akan menyeduh sesuatu. Lalu, termos dengan tas atau pegangan, cocok bagi yang suka pergi tanpa tas, berolahraga, atau ingin praktis.

Sedangkan termos dengan sedotan, lebih pas untuk anak-anak atau orang yang butuh gerakan cepat. Sehingga, tidak perlu repot buka tutup botol dulu.

7 Rekomendasi Termos Terbaik Sepanjang Masa

7. Q2 Vacuum Flask 7050

(Image: Tokopedia)

Desain termos sangat lucu dan unik. Bahan dalamnya terbuat dari stainless steel  yang dijamin food grade atau aman untuk makanan. Sedangkan bahan luarnya terbuat dari tembaga, sehingga bisa jaga suhu panas maupun dingin selama 12-24 jam.

Termos dari Q2 ini berkapasitas 0.5 L dengan tinggi 24.7 cm. Tidak akan berembun walau diisi cairan panas maupun dingin. Penutupnya bisa digunakan sebagai cangkir, jadi sangat praktis digunakan. Cocok untuk orang dewasa maupun anak sekolahan.

Harga: Rp 79.000

Beli di Tokopedia: Q2 Vacuum Flask 7050

6. Shuma Mini Tumblr

(Image: Tokopedia)

Bentuknya sangat imut dan tidak makan banyak tempat. Terbuat dari stainless steel food grade, termos ini mampu tahan panas maupun dingin hingga 12 jam. Walau terbuat dari logam, termos ini anti karat. Selain itu, dengan teknologi safe lock, jadi cairan tidak akan tumpah

Shuma mini tumblr berjenis wide open yang memudahkan anda saat menuang isinya. Sayang, termos ini hanya mampu tampung 200 mL cairan saja. Karena ukurannya yang kecil, lebih cocok digunakan anak sekolah atau diisi minuman sekali minum saja.

Harga: Rp 81.000

Beli di Tokopedia: Shuma Mini Tumblr  

5. Lion Star Solaris

(Image: Tokopedia)

Termos lion star solaris pasti familiar bagi anda. Dengan gambar bunga yang khas, bikin meja makan jadi bergaya klasik. Bahan luarnya terbuat dari plastik, sedangkan dalamnya dari kaca. Bahan pembuatannya dijamin aman karena sudah bersertifikat SNI.

Berkapasitas 2 L, termos lion star solaris pas untuk dipakai keluarga. Apalagi tutupnya bisa jadi cangkir dan ada handle, jadi lebih praktis untuk dibawa.Termos ini mampu menahan panas selama 12 jam, lho! Sayangnya, tidak untuk menahan dingin.

Harga: Rp 89.000

Beli di Tokopedia: Lion Star Solaris

4.  Oxone Vacuum Flask OX-500

(Image: Tokopedia)

Oxone sudah terkenal untuk kelengkapan dapur, salah satunya adalah termos. Oxone Vacuum Flask OX-500 didesain ramping dengan tambahan tas agar mudah dibawa. Seperti yang lain, termos ini juga terbuat dari stainless steel food grade. Jadi, tidak usah takut terkontaminasi.

Termos ini mampu menahan panas dan dingin selama 8 jam. Selain itu, setiap bagiannya bisa dibongkar pasang, sehingga mudah untuk dibersihkan. Namun, kapasitasnya hanya 500mL dan lebih cocok tidak dibawa berpergian jauh

Harga: Rp 92.900

Beli di Tokopedia: Oxone Vacuum Flask OX-500

3. Shuma Vacuum Bottle Thermos

(Image: Tokopedia)

Jangan ragukan kualitas brand Shuma. Termos shuma berbahan dasar stainless steel food grade dengan struktur ganda. Struktur ganda ini menahan suhu lebih lama hingga 24 jam. Desainnya ramping, tidak licin, anti karat dan tutup bisa berfungsi sebagai cangkir.

Berkapasitas 1 L, menjadikan termos shuma serbaguna baik untuk pribadi maupun keluarga. Setiap bagiannya bisa dilepas sehingga sangat mudah dibersihkan. Dilengkapi dengan tas dan handle, semakin mudah untuk dibawa kemana pun.

Harga: Rp 142.500

Beli di Tokopedia: Shuma Vacuum Bottle Thermos

2. Yoshikawa Vacuum Flask YS150

(Image: Tokopedia)

Yoshikawa vacuum flask YS150 terbuat dari stainless steel  food grade. Mampu menjaga suhu panas maupun dingin selama 6-24 jam. Walau tanpa tas, yoshikawa vacuum flask punya handle yang panjangnya bisa disesuaikan.

Tinggi termos ini 33 cm dengan kapasitas 1.5 L. Makanya, sangat cocok bagi perjalanan bersama teman atau keluarga. Ditambah mangkuk dan cangkir sebagai penutup, buat termos yoshikawa jadi lebih multifungsi.

Harga: Rp 199.000

Beli di Tokopedia: Yoshikawa Vacuum Flask YS150

1. Thermos JNS 450 BK Ultra Light One Push Tumblr

(Image: Tokopedia)

Sepertinya, termos stainless steel memang jadi primadona. Sebab, tumblr keluaran merk Thermos inin juga berbahan stainless steel. Minuman panas dan dingin bisa tahan selama 6-24 jam. Desain dengan tombol sekali tekan, buat tumblr Thermos lebih praktis dan anti tumpah.

Berkapasitas 0.45 L dengan tinggi 23.5 cm, desainnya pun ramping dan pas di kantong. Thermos ini mudah dibersihkan karena setiap bagiannya dapat dilepas. Cocok bagi anda yang ingin tampil praktis dan tidak mau ribet.

Harga: Rp 356.000

Beli di Tokopedia: Thermos JNS 450 BK Ultra Light One Push Tumblr

 

7 Rekomendasi Termos Terbaik dan Tips Memilih Termos Berkualitas
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)