Penulis: Tia | Editor: Ria

Salah satu kesulitan memasak ayam adalah menentukan kematangannya. Walaupun saya sudah sering masak ayam, tapi tidak jarang juga mendapati daging ayam itu belum matang sempurna. Apalagi kalau memasak ayam dalam potongan besar atau ayam goreng tepung. Di daging bagian dalam, seringkali masih basah dan juga berwarna kemerahan.

Tidak seperti daging sapi yang bisa disantap medium atau bahkan medium-rare, daging ayam tidak boleh sama sekali disantap dalam keadaan setengah matang. Daging ayam mentah mengandung banyak sekali bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan penyakit seperti tifus dan flu perut. Untuk itu, pastikan anda mengenali ciri daging ayam yang belum matang supaya makanan tetap lezat sekaligus aman untuk dikonsumsi.

1. Masih ada bagian daging berwarna bening kemerahan atau pink

Daging ayam mentah yang belum diolah memiliki warna yang bening kemerahan. Ketika dimasak hingga matang, warna daging ayam perlahan berubah menjadi warna putih yang pekat dan tidak lagi ada bagian yang bening.

Nah, kalau pada daging ayam masih terdapat bagian yang berwarna bening kemerahan atau pink, tandanya daging tersebut belum matang sempurna. Biasanya, bagian yang belum matang ini adalah daging bagian dalam yang dekat dengan tulang. Anda bisa mengeceknya dengan bantuan garpu, lalu membelahnya sedikit supaya bagian dalamnya bisa terlihat.

Baca juga: Tips Memotong Ayam Jadi 4, 8, dan 18 Bagian

2. Terlihat ada darah di dekat tulang

Salah satu ciri dari daging ayam yang belum matang adalah masih terlihat ada darah pada daging yang menempel di tulang. Daging tersebut sudah tidak berwarna bening, tetapi teksturnya masih basah dan kemerahan. Warna merah ini berasal dari darah yang masih ‘terjebak’ pada daging dan belum matang.

Ciri seperti ini biasanya terjadi pada menu ayam goreng tepung. Pada saat menggoreng, api yang digunakan terlalu besar atau minyak kurang panas, sehingga yang matang hanya tepung dan bagian daging terluar saja.

Coba: Resep Ayam Goreng Bawang

3. Tekstur dagingnya kenyal dan alot

Tekstur juga sangat menentukan tingkat kematangan daging ayam. Daging ayam yang matang sempurna memiliki warna putih pekat serta teksturnya lembap dan berserat. Sedangkan yang belum matang, teksturnya kenyal, alot, dan sulit untuk dikunyah.

Tekstur daging ayam ini bisa ada cek dengan menusukkan garpu. Daging yang sudah matang sempurna, akan sangat mudah ditusuk dengan garpu. Sebaliknya, kalau garpu sulit untuk masuk ke dalam daging, tandanya daging tersebut belum matang.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merebus Ayam dengan Hasil Empuk dan Sempurna

Kematangan daging ayam ini cukup mudah untuk dicek dan diketahui. Jadi, jangan malas untuk memastikan daging ayam sudah matang atau belum, ya. Karena menyantap daging ayam yang belum matang cukuplah berbahaya bagi kesehatan anda.

3 Ciri Utama Daging Ayam yang Belum Matang Sempurna
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)