Penulis: Graminda | Editor: Ria

Pernahkah anda mengalami zonk saat membeli alpukat? Saya pernah! Penampakannya menggiurkan, tapi saat dipotong ternyata masih keras dan pahit.

Walaupun tidak sekeras batu, tetap saja teksturnya tidak selembut alpukat matang. Rasa pahitnya pun mengganggu di lidah. Pada akhirnya, saya olah dengan digoreng dan ternyata berhasil.

Bukan cuma digoreng, alpukat mentah juga bisa dibuat hidangan lain. Rasanya pun tidak kalah enak dari olahan alpukat matang, lho!

Baca juga: 6 Tips Membuat Alpukat Menjadi Cepat Matang

 1. Alpukat Krispi

Alpukat yang masih mentah memiliki tekstur padat. Sehingga cocok untuk digoreng dengan balutan tepung panir.

Mulai dengan lumuri alpukat dengan tepung terigu.Pastikan seluruh permukaannya tertutupi. Kemudian, celupkan dalam telur. Angkat, lumuri kembali dengan tepung panir. Terakhir, goreng alpukat hingga kecoklatan.

Agar rasa pahit dari alpukat tersamarkan, anda dapat menyantapnya dengan saus cocol seperti mayonaise, thousand island, honey mustard, atau saus kacang.

Baca Juga: 7 Buah-Buahan Selain Pisang yang Bisa Digoreng Renyah

2. Salad Alpukat

Ini dia cemilan sehat untuk anda! Obati badmood anda dengan menyantap salad alpukat asam manis.

Iris tipis alpukat seperti stik, lalu beri air lemon, lada, dan gula pasir. Tambahkan sayuran lain seperti tomat, selada, dan timun. Kemudian, aduk hingga merata. Terakhir, taburi wijen dan bawang bombay sebagai hiasan.

Baca juga: 6 Aneka Saus untuk Dressing Salad yang Lezat

3. Tumis Alpukat Udang

Irisan alpukat yang belum matang ternyata bisa menambah tekstur dari tumisan. Asalkan jangan terlampau banyak menambahkannya, ya.

Tumis tomat, dan alpukat secara bersamaan. Beberapa saat kemudian, masukkan udang dan sawi. Bumbui dengan gula, garam, bubuk cabai dan perasan jeruk lemon sesuai selera. Bila suka, tambahkan juga olive oil agar lebih lezat.

4. Keripik Alpukat

Isi toples anda dengan keripik alpukat yang unik ini. Rasanya manis dan teksturnya yang krispi pasti disukai semua orang. Santap bersama madu atau keju agar rasa pahit dari alpukat tidak terlalu terasa.

Iris tipis alpukat mentah dan taburi gula. Kemudian, panggang dalam oven selama 5 menit. Usahakan jangan terlalu lebar dan tebal agar tekstur yang dihasilkan lebih krispi. Bila sudah kecoklatan, angkat dan dinginkan.

5. Alpukat Telur Panggang

Memadukan alpukat dengan telur memang terdengar unik. Tapi, dijamin rasanya tidak akan mengecewakan. Perpaduan ini juga bisa menjadi alternatif sarapan yang sehat dan lezat

Belah alpukat jadi 2 bagian dan buang bijinya. Lalu pecahkan telur pada bekas lubang bijinya tersebut. Jangan lupa bumbui dengan merica dan garam sesuai selera. Terakhir, panggang dalam oven sekitar 5-8 menit. Bila ada keju parut, tambahkan diatasnya agar lebih gurih.

Baca Juga: Tips Memilih Alpukat Matang Saat Berbelanja

Berbagai olahan di atas sangat mudah dan bisa dibuat dengan waktu singkat  Perlu diingat, alpukat yang mentah bukan berarti masih benar-benar keras ya. Hanya saja butuh effort lebih saat mengupasnya. Selamat mencoba!

5 Resep Alpukat Belum Matang Homemade
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)