Penulis: Tia | Editor: Ria

Kalau ditanya lebih suka ayam yang diolah bagaimana, saya pasti akan jawab ayam yang direbus. Menurut saya, ayam rebus memiliki rasa yang lebih gurih dan membuat perut terasa nyaman. Selain itu, mudah juga dicampurkan ke berbagai makanan dengan cara disuwir-suwir.

Saya akui, merebus ayam itu tidak susah. Hanya tinggal masukkan saja ayam ke panci berisi air, lalu tunggu deh sampai dirasa matang. Namun, kalau caranya tidak tepat, anda tidak akan mendapatkan ayam yang empuk dan matang sempurna.

1. Gunakan panci yang sesuai dengan ukuran ayam

(Image: Lazada)

Dalam merebus ayam, ukuran panci yang digunakan sebagai wadah perlu diperhatikan. Kalau ukurannya terlalu kecil, ayam akan saling menumpuk dan terhimpit, sehingga tidak matang merata. Sedangkan kalau terlalu besar, anda akan membutuhkan lebih banyak air, sehingga air lebih lama untuk mendidih dan daging ayam berisiko hancur karena overcooked.

Gunakanlah panci yang sesuai dengan ukuran dan jumlah ayam yang akan direbus. Untuk ayam utuh, anda bisa menggunakan panci berukuran sekitar 8 liter. Sementara untuk merebus ayam potongan, panci yang lebih kecil dengan diameter 16-18 cm.

Salah satu panci yang bisa anda gunakan adalah Maspion Stock Pot Enamel (lihat di Lazada). Panci ini berdiameter 26 cm dan cukup tinggi, sehingga mampu untuk merebus ayam potongan hingga ayam utuh. Terbuat dari bahan porselen steel yang tebal dan kuat, panci ini sangat tahan panas dan membuat ayam matang merata.

Baca juga: Aneka Jenis Wajan dan Panci yang Perlu Diketahui

2. Tuangkan air dingin hingga menutup seluruh permukaan ayam

Setelah ayam dimasukkan ke dalam panci, tuangkan air dingin/biasa secukupnya, hanya hingga seluruh permukaan ayam tertutup. Penggunaan air dingin ini bertujuan supaya air dan ayam dapat matang bersamaan. Kalau anda menggunakan air hangat atau air panas, ditakutkan suhu tinggi tersebut dapat mematangkan ayam terlebih dahulu sebelum mulai direbus.

Baca juga: 3 Tips Mengolah Ayam Kampung agar Empuk

3. Masukkan garam dan bawang putih utuh

Tepat sebelum mulai merebus, anda bisa menambahkan garam dan bawang putih utuh ke dalam panci berisi ayam. Jumlah garam dan bawang putih ini disesuaikan saja dengan jumlah ayam yang anda rebus. Jika merebus ayam utuh, anda bisa memasukkan sekitar 2 sdm garam dan 3 siung bawang putih. Sedangkan untuk 2-4 potongan ayam, anda cukup memasukkan 1 sdm garam dan 2 siung bawang putih saja.

Selain untuk memberikan rasa dan aroma, penggunaan garam dalam rebusan ini bertujuan untuk membantu meluruhkan kotoran pada ayam.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Tangan

4. Tutup panci dan rebus di atas api sedang

Saat merebus ayam, sebaiknya panci ditutup supaya aromanya tidak menguap dan ayam cepat matang. Selain itu, gunakan api dengan panas sedang saja agar seluruh bagian ayam matang dengan bagus dan merata.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Panci Presto yang Tepat dan Aman

5. Perhatikan waktu merebus yang dibutuhkan

Setiap potong ayam memiliki waktu merebus yang berbeda-beda, apalagi untuk ayam utuh. Nah, ketepatan lama waktu merebus ini perlu untuk diperhatikan supaya daging ayam tidak hancur karena terlalu matang. Berikut waktu yang dibutuhkan untuk setiap potong ayam:

  • Dada ayam tanpa tulang: 15-20 menit
  • Dada ayam dengan tulang: 30 menit
  • Paha ayam: 30-40 menit
  • Ayam utuh: 1 jam

Coba: Resep Sayur Sop Ayam

Ayam yang sudah direbus ini bisa anda suwir-suwir dan gunakan untuk topping soto, sop, atau mi ayam. Sedangkan sisa kuahnya, dapat anda simpan sebagai stock kaldu.