Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Bagi anda yang suka memasak, pasti tahu betul dong dengan yang namanya kunyit? Bumbu yang satu itu sering sekali digunakan pada berbagai jenis masakan. Karena selain aromanya yang enak, kunyit juga terkenal bisa memberikan warna kuning yang cantik pada makanan, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. Tapi, kali ini saya tidak akan membahas tentang kunyitnya, melainkan daun kunyit.

Mungkin sebagian dari anda yang masih asing dengan penggunaan daun kunyit ini. Padahal sebenarnya di daerah lain daun kunyit ini sudah banyak dimanfaatkan untuk memasak lho. Karena memang manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, daun kunyit ini menjadi rempah yang wajib digunakan pada masakan tertentu. Daun kunyit memiliki ukuran yang besar dengan bentuk memanjang dan runcing di bagian ujungnya, hampir mirip seperti daun bambu. Warnanya hijau muda cerah dan permukannya terlihat mengkilat.

Nah, anda pasti penasaran dong untuk mengenal daun kunyit ini lebih dalam lagi? Untuk lebih jelasnya, yuk intip informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Kegunaan dalam masakan

Berbeda dari fungsi kunyit yang lebih kepada pemberi warna pada makanan, maka fungsi utama daun kunyit adalah memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan. Masakan yang biasanya menggunakan daun kunyit antara lain yaitu hidangan khas Melayu, seperti gulai, rendang, kalio, pangek. ayam/ikan bakar, hingga martabak. Juga menu khas Manado seperti woku dan bubur manado.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan daun kunyit untuk mengurangi bau amis pada bahan makanan seperti daging-dagingan. Bahkan, beberapa orang juga sering menjadikan daun kunyit ini sebagai alas piring lho, karena ukurannya memang lumayan besar.

2. Tips memilih

Jika anda berniat menambahkan daun kunyit ke dalam masakan, maka anda pastinya harus memilih daun kunyit berkualitas terbaik. Nah, untuk memasak, pastikan anda memilih daun kunyit yang dipetik secara mendadak dari pohonnya. Jika tidak ada, anda bisa beli dan pilih daun kunyit tua yang permukaannya mulus. Karena hal tersebut bisa membuat rasa dan aroma dari daun kunyit keluar dengan maksimal.

3. Cara mengolah

Biasanya, orang-orang mengolah daun kunyit secara langsung. Setelah dicuci bersih, daun kunyit lalu dirobek kecil-kecil, atau diikat agar aromanya lebih keluar. Beberapa orang juga mengolah daun kunyit dengan cara diiris tipis memanjang. Anda bisa memasukkan daun kunyit ini pada tengah-tengah proses memasak agar rasa serta aroma yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Itu dia informasi seputar kegunaan daun kunyit pada masakan serta bagaimana cara mengolahnya. Semoga bisa menambah referensi anda ketika akan memasak.