Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Jika sedang bosan dengan lauk makan yang digoreng atau dibakar, saya pun menyiasatinya dengan membuat menu kukus. Poin plusnya, mengukus bisa meminimalisir jumlah zat gizi pada makanan yang hilang saat proses memasak, karena suhu masak yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, menu kukus juga tidak mengandung terlalu banyak minyak seperti lauk tumis atau goreng lainnya.

Nah, menu kukus favorit saya yaitu pepes. Karena diolah dengan banyak bumbu dan rempah, jadi rasa pepes pun lebih gurih dan sedap. Apalagi pepes juga dibungkus oleh daun pisang, sehingga aromanya pun sangat harum. Sayangnya, cara membuat pepes terkenal cukup ribet, sehingga tidak sedikit orang yang malas membuatnya. Namun ternyata ada tips dan trik untuk mengurangi keribetannya. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tumis bumbu pepes terlebih dahulu

Bukan pepes namanya jika bumbu dan rempah yang digunakan tidak berlimpah. Biasanya, bumbu pepes terbuat dari bumbu-bumbu seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, dan kemiri yang dihaluskan. Namun biasanya bumbu halus tersebut akan langu jika langsung dikukus bersama bahan pepes, jadi saya sangat menyarankan anda menumis bumbu tersebut terlebih dahulu sebelum pepes dikukus. Jangan lupa tambahkan serai, lengkuas, dan irisan cabe rawit ke dalam tumisan. Tambahkan juga garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera agar rasa pepes lebih nikmat.

2. Lemaskan daun pisang

Agar daun pisang tidak sobek dan lebih mudah dibentuk ketika dipakai membungkus pepes, maka anda harus melemaskannya terlebih dahulu. Ada dua metode yang bisa anda coba, yaitu membakarnya di atas api kecil, atau mengukusnya sebentar sampai layu. Cata tersebut dapat membantu anda agar lebih mudah melipat pepes nantinya.

3. Saat menyusun bahan pepes di atas daun pisang

Setelah daun pisang layu, sekarang saatnya anda menyusun pepes. Pertama-tama, susun beberapa lembar daun pisang di media datar (penggunaan daun yang berlapis-lapis bertujuan agar pepes tidak bocor). Mulai dengan menaruh bumbu dan ratakan sebesar ukuran bahan, kemudian taruh bahan pepes (ikan, ayam, dsb) dan lumuri kembali dengan bumbu. Pastikan bumbu tersebut menutupi seluruh permukaan bahan makanan agar bumbu bisa lebih meresap rata. Terakhir, lipat daun pisang dan rekatkan dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi.

4. Kukus pepes sekaligus

Jika anda membuat pepes dalam porsi banyak, akan sangat ribet dan memakan waktu ketika anda harus membungkusnya satu per satu. Nah, demi menyiasati hal tersebut, anda bisa mengukus pepes sekaligus. Caranya, susun beberapa lembar daun pisang langsung di atas dandang kukusan, lalu letakkan bumbu, bahan pepes, dan lumuri kembali dengan bumbu. Setelah itu, tutup lagi dengan daun pisang. lalu kukus pepes sampai matang.

5. Kukus menggunakan panci presto

Jika anda ingin pepes yang lunak sampai ke duri/tulangnya, anda bisa mengukusnya menggunakan panci presto. Selain lebih bergizi karena bagian tulangnya ikut termakan, anda juga tidak perlu ribet memisahkan daging dari duri/tulang.

6. Bakar pepes sebelum disajikan

Agar aroma pepes lebih keluar, anda bisa membakar pepes terlebih dahulu sebelum disajikan. Tidak perlu membakar terlalu lama, cukup bakar sesaat hingga aromanya menguar dan daun pembungkusnya jadi kecoklatan.

Ternyata jika kita tahu triknya, membuat pepes itu bisa terasa mudah ya. Yuk, langsung membuatnya di rumah dengan resep praktis dan super enak berikut.