(Image: Urban Outfitters)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Blender memang bisa menghaluskan banyak hal. Mulai dari smoothies pisang untuk sarapan sampai menghaluskan bumbu untuk rawon, ayam serundeng, balado, dan masakan lainnya. Tapi di balik itu, suara bising yang dikeluarkan pastilah bikin kesal. Sampai-sampai jika ibu sedang memblender bumbu, saya pasti membesarkan volume TV hingga mentok. Namun jangan khawatir, ada cara praktis untuk mengurangi suara berisik blender!

1. Beri jarak antara blender dan dinding

Pada dasarnya dinding akan memantulkan suara, apalagi jika suaranya sekeras blender. Jadi tidak heran jika anda memblender dalam ruang sempit atau sangat dekat dengan dinding, suara blender akan terdengar lebih besar dari seharusnya. Nah untuk mengakali hal ini, berilah jarak 5-10 cm antara blender dan dinding. Atau bisa juga memblender di ruangan yang lebih luas.

2. Letakkan blender di atas handuk atau silikon

Cara ini cukup ampuh buat saya, bahkan jika harus memblender di ruang sempit. Anda bisa pakai alas lembut seperti handuk atau silikon karena bahan tersebut dijamin dapat menyerap suara bising. Caranya, letakkan handuk atau silikon di bawah blender. Kalau ingin lebih meredam suara, balutkan handuk di sekitar blender terutama di bagian mesin blendernya.

3. Blender saat rumah sedang sepi

Kalau cara ini pasti tidak akan menganggu orang lain. Blenderlah apapun saat rumah sedang sepi. Setelah bahan-bahan di-blend, entah smoothies atau bumbu halus, masukkan ke dalam wadah kedap udara atau mason jar dan simpan dalam kulkas selama sehari atau semalam. Cara ini cocok untuk anda yang punya sedikit waktu untuk masak, karena bumbu sudah siap dan tinggal dikreasikan, deh!

Sekarang anda tak perlu khawatir lagi soal keluhan blender berisik. Jangan lupa untuk merawat blender agar tahan lama, ya. Blender yang dirawat dapat bertahan sampai bertahun-tahun, lho, mau tahu caranya? Klik di sini. Happy blending!