Ingin tambah sehat? Tambahkan minyak zaitun pada santapan ini.


Ketika membahas minyak zaitun, tentu bayangan yang muncul di pikiran kita adalah sehat, alami, dan banyak manfaatnya. Yup, minyak yang berasal dari buah zaitun ini memang sangat bagus untuk kesehatan kita sebab lemak yang terdapat pada minyak zaitun adalah lemak baik. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah munculnya penyakit seperti jantung, stroke, dan diabetes.

Karena sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, biasakanlah untuk untuk mengonsumsi minyak zaitun. Minyak zaitun dapat dikonsumsi secara langsung maupun dicampurkan ke dalam makanan kita. Lantas makanan apa saja yang dapat kita campurkan dengan minyak zaitun? Berikut merupakan contoh-contoh yang dapat kamu coba.

1. Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun ketika menumis.

Bagi kamu yang suka menumis sayur, kamu bisa loh beralih menggunakan minyak zaitun. Jika minyak goreng pada umumnya mengandung lemak yang berbahaya, lemak pada minyak zaitun baik bagi tubuh kita karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain meningkatkan gizi, aroma makanan yang ditumis dengan minyak zaitun akan lebih nikmat.

Meski dapat digunakan untuk menumis, kamu tidak boleh menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng ya. Menggoreng membutuhkan waktu yang lebih lama dari menumis. Jika minyak zaitun digunakan terlalu lama, nutrisi pada minyak zaitun akan rusak dan dapat membahayakan tubuh kita.

2. Daripada mentega, olesan minyak zaitun pada roti lebih bermanfaat.

Roti yang diolesi mentega biasanya dijadikan sarapan di pagi hari. Meskipun sarapan ini dapat membuat kita kenyang, perlu kamu ketahui bahwa mentega mengandung lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh. Selain dapat memicu penyakit jantung dan kolesterol, lemak jahat juga bisa membuat jarum timbangan bergeser ke kanan loh! Waduh, jangan sering-sering menggunakan mentega dong ya.

Meskipun mentega tidak disarankan, kamu bisa loh menggantinya dengan olesan yang lebih bergizi, yaitu minyak zaitun. Minyak zaitun akan membuat rotimu lebih kaya rasa. Selain itu lemak baik dan antioksidan pada minyak zaitun ini bagus loh untuk jantung kita.

3. Pakailah minyak zaitun sebagai dressing salad.

Meskipun dimakan bersama dengan sayur dan buah, terlalu sering menggunakan mayonaise sebagai dressing salad ternyata tidaklah bagus bagi kesehatan. Mayonaise mengandung lemak yang sulit untuk dibakar. Akibatnya, kita akan mudah mengalami kenaikan berat badan. Hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan jantungmu.

Daripada menggunakan mayonaise, akan lebih baik jika kita menggunakan minyak zaitun sebagai dressing pada salad karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Dijamin rasanya tidak kalah enak dengan mayonaise. Cara membuat dressing dari minyak zaitun tidaklah sulit. Kita hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan garam, gula, perasan jeruk lemon, merica bubuk, dan bawang putih yang dicincang halus.