Tak jarang kita membeli buah mangga yang belum matang di pasaran. Akibatnya, makan nikmat mangga manis pun harus tertunda. Lalu bagaimana caranya agar mangga yang sudah di tanganmu cepat matang? Tenang saja, tak perlu khawatir dan tak perlu buru-buru mengupas mangga muda yang masih asam itu. Ternyata ada kok cara mudah yang bisa dilakukan oleh kamu sendiri bisa agar buah mangganya cepat matang dan jadi lebih manis. Yuk, simak tipsnya di bawah ini ya.

1. Letakkan di Suhu Ruang

Letakkan buah mangga di satu wadah dan di suhu ruang. Jangan biarkan buah mangga terpapar sinar matahari secara langsung ya. Kamu bisa meletakkan buah mangga ini di suhu ruang sekitar 2-3 hari, tergantung buahnya sendiri. Jangan malas untuk mengecek apakah buahnya sudah agak lembek atau belum. Jika ya, tandanya buah mangga sudah matang!

2. Gunakan Kantong Kertas

Ya, kamu bisa menggunakan kantong kertas untuk mempercepat proses kematangan buah mangga. Kantong kertas ini berguna untuk memberikan suhu yang lebih hangat lagi untuk buah mangga. Jangan gunakan kantong plastik ya karena kantong plastik malah membuat buah mangga jadi tidak bisa menyerap udara segar. Udara segar ini tentu saja dibutuhkan untuk membuat buah mangga tetap segar saat disantap nanti.

3. Simpan dalam Beras

Nah, ternyata beras juga bisa membuat mangga cepat matang. Pada dasarnya, letakkan mangga di tempat yang gelap dan tertutup jika ingin cepat matang. Nah, dengan beras kamu bisa memanfaatkannya dengan “mengubur” mangga di dalam wadah beras yang tertutup. Kubur selama 2-3 hari, periksa kembali manggamu. Pasti sudah matang!

4. Campur dengan Mangga yang Sudah Matang

Ternyata menggabungkan mangga muda dengan mangga yang sudah matang dipercaya bisa mempercepat proses kematangan si mangga muda, lho. Tahu kenapa? Sebab saat mangga muda dan tua ini digabungkan akan terjadi reaksi kimia. Reaksi kimia atau oksidasi ini akan mempengaruhi si mangga muda sehingga lama kelamaan akan ikut matang. Tapi perlu diperhatikan jangan terlalu lama menyimpan mangga matangnya karena bisa busuk.

5. Gunakan Karbit

Karbit biasa digunakan para pengusaha buah untuk mempercepat proses kematangan. Kamu bisa menyiapkan buah karbit sebesar ibu jari. Siapkan pelepah pisang sepanjang 10-12 cm dan bungkus karbit dengan pelepah pisang tersebut. Ikat dengan tali agar tidak lepas. Kemudian bungkus mangga dengan kantong plastik beserta karbit yang sudah dibungkus pelepah pisang ini. Buah mangga bisa cepat matang hanya dalam waktu 1-2 hari. Tenang saja, karbit ini tidak akan mengganggu kandungan nutrisi yang ada dalam buah sebab karbit fungsinya hanya merangsang gas etilen dalam buah. Gas etilen inilah yang berfungsi dalam proses pematangan buah.