Penulis : Atsa

Manisan mangga merupakan salah satu olahan buah yang banyak disukai masyarakat. Rasanya manis namun renyah bikin siapapun ketagihan ngemil manisan yang satu ini.

Tidak begitu sulit mencari buah mangga di segala musim. Kalau lagi nggak musim di pasar, pasti tetap ada di supermarket. Yuk, coba untuk membuat manisan mangga sendiri di rumah.

1. Rendam mangga dalam air kapur sirih

Tujuan dalam perendaman mangga dalam air kapur sirih yaitu menghilangkan getahnya, membuang aroma asam, dan menjadikan tekstur buahnya kencang tidak lembek sehingga terasa renyah.

Air kapur sirih untuk merendam bukanlah air yang diberi kapur sirih lalu langsung digunakan untuk merendam. Larutkan kapur sirih dalam 1 liter air, tunggu hingga kapurnya mengendap. Bagian air yang bening di bagian bawah itulah air kapur sirih yang akan digunakan. Rendam mangga dalam air kapur sirih selama 30 menit hingga 1 jam.

2. Rebus bumbu bersama pewarna

Rebus gula, air, dan pewarna makanan kuning hingga mendidih. Pemberian pewarna bertujuan supaya warna manisan mangga lebih menarik. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam supaya ada sedikit rasa gurih.

3. Diamkan pada suhu ruang hingga panas hilang

Setelah air bumbu mendidih, angkat rebusan tersebut. Masukan potongan mangga, diamkan pada suhu hingga panasnya hilang.

4. Simpan semalam dalam kulkas

Setelah hilang panas dari perendaman mangga, masukan dalam wadah yang rapat. Simpan manisan mangga tersebut dalam kulkas selama semalam supaya makin meresap.

Esoknya, manisan mangga pun sudah jadi dan siap disajikan. Nggak sulit kan membuatnya? Bikin sendiri di rumah untuk stok cemilan dan sajian tamu.

Coba Resep : Manisan Mangga

Cara Membuat Manisan Mangga
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat) 4.7 (93.85%) 13 votes