Penulis: Graminda

Saya adalah orang yang sering membeli makanan kemasan untuk cemilan di kantor. Mulai dari cemilan asin, manis hingga sekedar permen karet.

Seperti kebanyakan orang, hal yang saya utamakan saat membeli adalah cek label kadaluarsanya. Meski supermarket hampir tidak pernah menjual barang yang telah lewat kadaluarsa. Tapi tidak ada salahnya kan, untuk jadi pembeli yang jeli dan cerdas.

Serupa tapi tak sama, ada beberapa jenis label kadaluarsa seperti “baik dikonsumsi sebelum”, “expired date”, dan “gunakan pada”. Beda jenis produk, beda pula label kadaluarsanya. Awalnya saya menganggap sama saja arti dari label diatas. Namun, ternyata berbeda, lho!

1. Baik Digunakan Sebelum (“Best Before”)

Tanggal ini lebih merujuk kepada jaminan perusahaan atas warna, rasa, kandungan nutrisi dan kualitas terbaik dari suatu produk. Jadi, bukan berarti tanggal aman untuk dikonsumsi. Anda bisa mengkonsumsinya lebih dari tanggal yang tertera bila produk masih bagus.

Tanggal ini hanya berlaku apabila anda mengikuti instruksi yang tertera, contohnya disimpan dalam wadah tertutup atau tidak terkena matahari langsung.

Label jenis ini bisa anda lihat pada makanan yang umur simpannya lama, seperti camilan dalam kemasan.

2. Tanggal Kadaluarsa (“Expired Date”)

Expired date merupakan tanggal aman suatu produk dikonsumsi. Gunakanlah produk sebelum masa expired date terlewat karena akan membahayakan kesehatan.

Biasanya tanggal ini tertera pada makanan olahan, makanan yang memiliki umur simpan pendek, dan makanan khusus.

The Canadian Food Inspection Agency mewajibkan suplemen gizi, susu formula bayi atau pengganti ASI, makanan pengganti, dan makanan diet untuk menggunakan tanggal expired date.

3. Gunakan Pada (“Use-By”)

Arti label ini adalah hari terakhir yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan pada tanggal tersebut kualitas produk masih berada pada tingkat tertinggi. Bila lewat dari tanggal dicantumkan maka kualitas produk akan menurun.

Biasanya label ini ada pada telur, daging, dan ayam potong dalam kemasan.

4. Dijual Pada (“Sell-By”)

Tanggal ini berperan sebagai acuan lamanya produk boleh dipajang untuk dijual di toko. Jadi sebenarnya produk masih bisa dimakan walau telah lewat dari tanggal  tersebut. Tapi dengan syarat produk disimpan sesuai petunjuk tertera.

5. Dikemas Pada (“Packed on”)

Label ini bukanlah tanggal produksi maupun tanggal “baik digunakan sebelum”. Tanggal dikemas suatu produk berfungsi untuk mengatur stok. Biasanya digunakan oleh perusahaan atau gudang penyimpanan.

Kini anda tidak perlu buru-buru membuang makanan. Tapi ingat, penanganan yang berbeda dapat menyebabkan kualitas produk dan lama simpan yang berbeda pula. Bisa jadi lama simpan dan kualitas produk tidak sesuai dengan tanggal yang tertera.