Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Karena kebetulan di rumah sedang panen buah mangga, alhasil menu kudapan yang disajikan pun tak jauh-jauh dari buah tersebut. Awalnya sih memang enak, tapi lama-lama bosan juga jika setiap hari menikmati buah mangga iris atau jus mangga. Daripada mubadzir, saya pun memutuskan untuk membuat menu yang saat ini sedang kekinian: puding mangga! Selain rasanya yang enak dan kenyal, puding juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan.

Apalagi jika dicampur bersama buah-buahan. Tak hanya bisa membuat rasa puding semakin enak, penambahan buah juga bisa membantu menambah nilai gizi pada puding lho. Nah, buah-buahan apa saja yang cocok dibuat jadi puding? Simak daftar lengkapnya berikut.

1. Mangga

Ini nih yang saya sebutkan barusan. Puding mangga ini memiliki rasa yang ‘mangga banget’. Anda juga hanya butuh waktu sebentar untuk membuatnya. Cukup campurkan jus mangga dan susu ke dalam adonan puding yang sudah matang, aduk rata, lalu cetak dan dinginkan. Agar lebih nikmat, beri topping irisan buah mangga segar dan fla susu di atasnya.

2. Strawberry

Buah strawberry memang tak pernah gagal untuk dijadikan dessert apa pun, termasuk puding. Cara membuat puding strawberry ini sangat mudah. Anda hanya perlu membuat adonan puding susu, lalu bagi menjadi dua. Satu bagian tinggal anda campurkan bersama jus strawberry. Selanjutnya, susun irisan buah strawberry di dasar gelas, lalu tuang puding dengan urutan: puding strawberry – puding susu – puding strawberry. Jangan lupa juga siram dengan saus strawberry buatan anda. Rasa strawberry yang manis, asam, dan segar dijamin bisa memanjakan lidah anda.

3. Buah naga

Jika anda bosan mengonsumsi buah naga dengan cara yang itu-itu saja, maka anda wajib mencoba puding yang satu ini. Campurkan buah naga yang sudah diblender ke dalam adonan agar-agar yang sudah matang. Agar lebih nikmat, tambahkan juga air perasan jeruk nipis. Tuang ke dalam cetakan dan dinginkan. Puding naga yang segar dan sehat pun siap dinikmati.

4. Pepaya

Siapa yang sangka ternyata pepaya juga enak dijadikan puding? Berbeda dari buah lainnya yang dihaluskan dan dicampur ke dalam adonan puding, pepaya ini juga bisa disajikan utuh! Potong melintang sedikit bagian atas pepaya, lalu buang bijinya, dan sedikit keruk bagian dasarnya dengan sendok buah. Tuangkan puding susu, biji selasih, dan bulatan buah hasil kerukan tadi. Setelah puding dingin, potong dan sajikan. Selain enak, bentuk puding pepaya ini sangat menarik sehingga membuat orang ngiler dan semangat untuk menikmatinya.

5. Kelapa muda

Terakhir, anda juga bisa membuat puding dengan kelapa muda. Selain diberi topping irisan kelapa muda berlapis-lapis, rasa dari puding ini juga semakin nendang karena puding dibuat dengan menggunakan air kelapa asli dan sirup cocopandan. Jika sudah mengeras dan dingin, puding kelapa muda ini siap memanjakan lidah anda.

Selain jenis di atas, masih banyak buah-buahan lain yang bisa anda buat jadi puding. Apapun jenis yang anda pilih, puding buah adalah camilan sehat yang baik untuk anda dan keluarga. Selamat mencoba!