(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Di pagi hari, perut saya cenderung berasa ‘penuh’ dan terkadang mual sehingga sulit menerima makanan berat. Nah, saat bulan puasa, saya sering menyiasatinya dengan memilih buah-buahan sebagai menu untuk sahur. Selain lebih sehat, ternyata sahur menggunakan buah-buahan juga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Itu semua karena kandungan gula, serat, dan zat gizi baik lainnya yang terkandung dalam buah-buahan.

Namun tak sembarang buah bisa dijadikan makanan untuk sahur, lho. Jika salah memilih buah, bukannya sehat, yang ada perut malah jadi tak nyaman. Bahkan bisa sampai memicu maag kambuh. Maka sebaiknya, anda hindari mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam saat sahur, karena perut masih dalam keadaan kosong. Berikut beberapa buah yang cocok untuk dijadikan makanan sahur:

1. Kurma

Ini nih buah yang wajib ada saat bulan puasa. Kurma direkomendasikan oleh banyak ahli sebagai buah terbaik untuk dimakan pada saat sahur maupun berbuka. Kandungan vitamin dan nutrisinya cukup lengkap seperti glukosa, vitamin A, B2, B12, mineral, kalsium, sulfat, sodium, fosfor, potasium, dan magnesium. Rasa buah yang satu ini manis pekat dengan tekstur buah yang legit. Anda bisa memakan kurma secara langsung atau menjadikannya sebagai smoothies.

2. Pisang

Jika anda mempunyai riwayat maag, buah pisang ini sangat cocok dijadikan alternatif pengganti makanan sahur. Kandungan vitamin A, B1, B2, dan vitamin C dalam buah ini bisa membantu mengurangi asam lambung. Pisang nikmat dimakan langsung, dipanggang dengan aneka topping, atau diblender menjadi banana smoothie dengan rasa manis alami dan tekstur yang creamy.

3. Pepaya

Buah yang terkenal dapat melancarkan pencernaan ini ternyata cocok juga, lho, dijadikan makanan sahur. Mengolahnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengupas kulit dan membuang bijinya, lalu potong-potong menjadi ukuran kecil. Buah pepaya yang manis dan segar pun siap dinikmati.

4. Mangga (Arum Manis)

Kandungan vitamin A, E, dan C dalam buah mangga ternyata bisa membantu memaksimalkan proses detox selama puasa. Saat sahur, mangga paling cocok disajikan dengan cara dijadikan jus. Pastikan anda memilih buah mangga yang sudah benar-benar matang agar rasanya manis. Mengkonsumsi buah mangga yang asam hanya akan membuat perut anda jadi tidak nyaman di pagi hari dan selam berpuasa.

5. Apel

Bagi anda yang mudah lapar saat puasa, makan buah apel saat sahur adalah solusinya. Buah apel bisa membantu menekan rasa lapar, sehingga anda akan kenyang lebih lama. Buah apel ini sudah cukup enak bila dimakan langsung. Anda bisa langsung menikmatinya setelah dicuci bersih. Atau dipotong-potong sesuai selera. Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, makanlah apel bersama kulitnya, ya.  Kulit apel secara alami kaya akan zat kitin yang merupakan asupan serat bagi tubuh.

6. Pir

Buah pir dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat dan tinggi vitamin C. Mengonsumsi buah pir saat sahur adalah pilihan tepat, karena kandungan seratnya bisa membantu mencegah konstipasi atau susah buang air besar saat puasa. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa mencegah dehidrasi. Buah pir sudah nikmat dimakan begitu saja. Sama seperti apel, sebaiknya anda memakan buah yang satu ini dengan kulitnya agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. Alpukat

Ternyata alpukat juga baik lho dikonsumsi saat sahur. Selain tinggi serat, alpukat juga bisa membantu penerapan nutrisi makanan saat sahur. Kandungan lemak baiknya juga bisa menstabilkan kadar kolesterol darah. Poin plusnya, alpukat juga bisa membantu mengurangi berat badan. Alpukat paling nikmat diolah menjadi jus yang bertektur kental dan creamy. Agar lebih sehat, anda bisa mengganti gula dengan madu sebagai pemanis jus alpukat anda.

Ternyata luar biasa, ya, manfaat buah-buahan saat sahur. Jadi buah mana yang jadi favorit anda untuk sahur besok?