Penulis: Dewi.S | Editor: Ria

Tradisi mengirim parcel sudah biasa dilakukan oleh banyak orang saat menyambut hari raya seperti Idul Fitri. Agar parcel dapat segera dinikmati, anda dapat mengisi parcel dengan makanan. Tapi tentunya ada rasa bosan bila isi parcel hanya itu-itu saja seperti makanan dan kue kering. Nah, agar kiriman parcel makanan anda tidak mainstream, yuk mengisi parcel dari makanan homemade buatan anda sendiri.

Selain lebih hemat, rasa puas karena sudah membuat parcel jadi lebih spesial dan costumized membuat saya senang membuat parcel sendiri. Yuk, kita bahas beberapa makanan atau sajian homemade yang bisa dipilih!

1. Macaroni Schotel

Ada yang belum tahu apa itu macaroni schotel? Sajian ini terbuat dari makaroni panggang yang pertama kali berasal dari Italia yang juga terkenal dengan pastanya. Macaroni schotel ini bisa menjadi pilihan isian parcel makanan homemade yang tergolong mewah dan nikmat. Padahal cara membuatnya mudah, lho! Macaroni yang sudah direbus sebelumnya menjadi setengah matang tinggal dipadukan dengan susu cair, margarin, garam, telur, bawang putih, bawang bombay, keju, merica, dan kornet.

Setelah dicampurkan, panggang macaroni hingga matang. Selain dipanggang, anda juga bisa membuat versi kukus yang tak kalah enak. Oya, anda juga bisa mengkreasikan isian macaroni schotel sesuai dengan keinginan anda seperti tambahan wortel, kentang, dan sosis. Daripada dibuat dalam ukuran personal, macaroni schotel ini akan lebih istimewa dijadikan hantaran bila dibuat dalam bentuk besar.

2. Pastel

Makanan yang satu ini adalah makanan favorit saya. Kulit pastel yang renyah menjadi kunci kenikmatan pastel. Namun banyak orang yang sering gagal membuat kulit pastel. Agar tidak gagal membuat kulit pastel yang renyah, cukup adoni adonan pastel dengan ringan hingga rata dan kalis. Tidak perlu dibanting-banting seperti membuat roti, ya! Untuk isiannya, pastikan anda sudah menumis isiannya seperti wortel, kentang, tumisan bihun, dan ayam sampai matang.

Tambahkan garam, sedikit gula, merica, bawang putih dan bawang merah agar rasanya lebih lezat. Jangan lupa tunggu isiannya dingin sebelum dimasukkan di kulitnya. Lalu segera goreng pastel yang sudah dibentuk agar kulitnya tetap renyah nantinya.

Coba juga: Pastel Tutup Klasik Panggang

3. Rendang

Siapa yang tidak kenal rendang? Makanan yang terbuat dari daging sapi yang ‘kaya’ bumbu ini terkenal sampai mancanegara. Rasa rendang yang nikmat membuat makanan ini pasti cocok saat dijadikan isian parcel homemade. Untuk rendang yang nikmat, jangan lupa untuk memadukan berbagai rempah-rempah dan santan kelapa asli yang kental bersama daging sapi segar. Lalu masak hingga daging benar-benar empuk, bumbunya meresap, kering, dan keluar minyaknya. Memang tidak sebentar waktu yang dibutuhkan untuk membuat rendang, tapi rasa rendang yang ‘nendang’ saat matang nanti pasti bisa membayar segala jerih payah anda.

Coba juga: Rendang Kering dengan Bola Bola Daging

4. Lemper

Jika ingin membuat isian parcel homemade yang ringan namun mengenyangkan, anda dapat membuat lemper. Makanan yang terbuat dari ketan yang sebelumnya dimasak hingga matang lalu diisi dengan suwiran ayam atau abon ini biasanya dibungkus dengan daun pisang. Agar lebih sedap, anda bisa membakar sebentar lemper di atas wajan datar hingga bungkusan daunnya terlihat layu.

5. Bolu Gulung

Selain makanan asin, anda juga bisa mengisi parcel dengan makanan manis seperti bolu gulung. Kue cake yang lembut dengan isian selai strawberry atau krim ini dapat dengan mudah anda buat. Anda bisa mencetak bolu yang tidak terlalu tebal/tinggi yang biasanya hanya ⅓ tinggi loyang. Jika potongan bolu terlalu tebal, bolu akan lebih sulit rapat saat digulung. Anda dapat mengkreasikan isian selai dengan aneka rasa seperti blueberry, nanas, kacang, dan tambahan potongan buah didalamnya.

Lihat resep: Bolu Gulung Coklat Topping Nougat Kacang

6. Lapis Surabaya

Selain membuat bolu gulung, anda juga dapat membuat lapis Surabaya dengan adonan bolu gulung. Beda dengan kue lapis legit yang memiliki banyak lapisan, lapis Surabaya terdiri dari 2 hingga 3 lapis bolu berwarna kuning dan cokelat yang disusun rapi dan diselangi selai manis.  Makanan khas Surabaya ini merupakan makanan yang banyak dijual ditoko kue meskipun anda tidak berada di Surabaya.

Rasa bolunya yang empuk, lembut, manis, menjadi daya tarik tersendiri saat memakan kue ini. Agar berbeda dari lapis Surabaya yang biasa dijual, anda dapat menambahkan kismis, potongan buah, kacang, keju, dan parutan cokelat batangan di atas kuenya. Hmm.. dijamin lebih enak dan menarik, deh!

7. Brownies

Kue yang sekarang menjadi salah satu oleh-oleh Bandung ini memang, asli, enak banget! Brownies adalah kue yang terkenal dengan rasa cokelat, namun saat ini banyak rasa lain seperti rasa pandan, keju, dan tiramisu membuat anda tidak bosan memakannya. Karena saya senang brownies, saya sering membuat brownies kukus sendiri. Agar lebih praktis, saya menggunakan tepung brownies siap pakai yang banyak dijual di supermarket terdekat. Tambahkan juga potongan cokelat agar browniesnya lebih enak.

Selain itu, tambahan parutan keju dan potongan cherry diatas brownies yang sudah matang membuat kue ini menjadi kue favorit keluarga saya. Untuk anda yang menginginkan brownies dengan tekstur yang lebih padat dan kering, panggang brownies saat memasaknya.

Lihat resep: Brownies Kukus Saus Marble Coklat ala Amanda

Selain kepraktisan, jenis makanan bisa anda sesuaikan dengan kegemaran atau makanan favorit orang yang hendak diberi parcel. Jangan lupa tata parcel dalam wadah dan kemasan yang menarik. Dijamin parcel homemade anda pasti tidak akan terlupakan!