Penulis: Valentina.J | Editor: Ria

Jika menikmati makanan khas Indonesia yang menggunakan daging sapi seperti soto, gulai, tongseng, sop sapi, dan konro, tak jarang kita mendapati ada bagian lain dari sapi selain daging yang digunakan. Kamu bisa membaca mengenai bagian-bagian daging sapi di sini. Nah, bagian lain dari sapi itu memang tidak masuk kategori daging kan, selain itu kenampakan dan teksturnya juga berbeda jauh dengan daging. Beberapa bagian lain dari sapi itu bisa disebut sebagai organ tapi ada juga yang letaknya bukan di bagian dalam tubuh sapi juga. Nah semakin penasaran kan ada apa saja. Simak yuk berbagai bagian lain dari daging sapi yang ternyata bisa dikonsumsi!

1. Hati

hati-sapi

Tekstur dan penampilannya mirip seperti hati ayam, hanya saja di dalam ukuran yang lebih besar. Rasanya enak dan tentunya kaya akan nutrisi. Bagian ini umumnya bisa kamu temukan sebagai sate sapi atau diolah menjadi sambal goreng ati. Bagian ini juga semakin nikmat kalau di semur loh, apalagi jika bumbunya pekat dan meresap sempurna.

2. Jeroan, Usus dan Babat

beef-tripe
(Image: Recipehub)

Ketiga bagian ini pokoknya serba mudah. Selain mudah ditemukan sebagai pendamping soto atau sate, bagian ini juga mudah ditemukan di pasar. Mudah juga untuk dikenali karena jeroan memiliki penampilan yang melengkung seperti makaroni (tetapi berukuran besar), usus yang seperti huruf ’U’ dan bewarna pink muda dan babat yang spongy. Bagian ini juga mudah untuk diolah mulai dari digoreng, direbus, dijadikan semur, gulai, tongseng dan masih banyak lagi. Yang terakhir, bagian ini juga mudah untuk dimakan karena kenyal dan empuk, nyam nyam nyam.

3. Kulit

krecek
(Image: Asliindonesia)

Bagian ini selain bisa dikonsumsi, ternyata juga digunakan sebagai bahan pembuatan tas dan sepatu loh. Bagian ini sudah banyak dijual di pasaran sebagai kerupuk kulit yang renyah dan gurih. Juga sebagai krecek yang bisa dimasak sambel goreng dan biasa kamu santap bersama gudeg.

4. Lidah dan Hidung

Sliced Ox Tongue
(Image: Cafy)

Bagian unik berikutnya adalah lidah dan hidung. Penampakan dari bagian ini ya seperti lidah dan hidung, ladies. Tapi bentuk mentahnya sebaiknya tidak perlu kamu bayangkan deh, cukup membayangkan saja sajian nikmatnya yang menggiurkan. Penggunaan daging hidung dapat dengan mudah kamu temui di rujak cingur, sedangkan untuk bagian lidah dapat ditemui di sate Padang. Teksturnya sangat empuk dengan kekenyalan yang pas, yummm!

5. Kaki sapi

gulai-kikil-sapi
(Image: Akuratpost)

Jangan membayangkan dalam sajian makanannya ada kaki sapi yang bertulang atau besar-besar itu ya. Kaki sapi yang dimasak biasanya sudah dikeluarkan tulangnya dan hanya diambil jaringan rawannya. Lebih familiar kita sebut sebagai kikil. Kelezatan kikil ini bisa kamu nikmati di sop kaki sapi, gulai kikil ala RM Padang, mie kocok khas Bandung, atau oseng-oseng mercon kikil. Teksturnya sangat kenyal, sedikit liat, tapi bukan alot ya.

Tentunya tesktur yang nikmat ini sangat bergantung dengan pemasakan yang tepat ya. Selain itu, proses pembersihan dari bagian kaki juga memerlukan perhatian ekstra agar bulu-bulu yang ada sudah dibersihkan dan layak untuk dimakan. Biasanya sih yang dijual di pasaran itu sudah bersih bebas dari bulu dan siap untuk dimasak.

6. Ekor

sop-buntut
(Image: Duniainter)

Si buntut atau ekor sapi dapat kamu temukan dengan mudah di sup buntut yang terkenal itu. Bentuknya memanjang dan biasanya dipotong bulat-bulat sehingga memiliki bagian putih di tengahnya. Teksturnya agak keras bila dibandingkan dengan daging sapi. Nah, sama seperti bagian kaki, ekor juga memiliki proses pembersihan yang ekstra nih agar dagingnya bersih dari bulu dan siap untuk diolah.

7. Tetelan

bakso-tetelan-sapi
(Image: Yuyunanwar)

Bagian yang satu ini tentu saja hanya ada di Indonesia. Saking tidak ingin kehilangan sisa-sisa daging yang menempel di tulang sapi, muncul lah bagian yang disebut sebagai tetelan. Tetelan merupakan daging yang menempel di tulang, memiliki urat dan lemak. Biasanya kamu bisa temukan potongan tetelan ini di dalam semangkuk bakso, biasanya hanya diberikan by request. Tetelan ini wajib digunakan oleh pedagang bakso, selain tulang sapi tentunya, untuk mendapatkan kuah kaldu bakso yang pekat dan nikmat.

8. Otak Sapi

otak-sapi
(Image: Indonesianculinary)

Ini bagian yang cukup ekstrim ya dan sebaiknya tidak perlu kamu bayangkan bagaimana bentuk mentahnya. Bagian ini biasa dimasak menjadi gulai otak khas Padang atau digoreng balut telur yang disajikan sebagai salah satu pendamping soto bening. Teksturnya lembut sekali dengan sedikit kenyal.

Itulah dia bagian sapi lainnya selain daging yang juga dikonsumsi di Indonesia. Sebenarnya kamu pasti familiar sekali dengan bagian-bagian tersebut ya. Tetapi mungkin sama seperti saya, kamu belum pernah mencoba membeli dan memasak bagian tertentu di rumah, seperti otak dan tetelan. Bagaimana, tertarik mencoba?