Penulis: D.Vionetta | Editor: Ria

Tidak hanya abon sapi, abon ikan juga tak kalah lezat dan bisa tersaji istimewa di meja makan rumah anda. Abon ini memiliki cita rasa yang gurih sehingga cocok anda sajikan sebagai pelengkap hidangan nasi. Sayangnya, mencari abon ikan di pasaran tidak semudah membeli abon sapi yang tersedia di mana saja. Tapi tidak perlu bingung karena sajian ini bisa dengan mudah anda buat sendiri. Dengan cara yang tepat, abon ikan akan bercitarasa lezat, kaya bumbu, bebas amis, dan kering. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Memilih jenis ikan yang tepat

Membuat abon ikan membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu prosesnya adalah mengaduk-aduk suwiran ikan bersama bumbu-bumbu basah hingga sangat kering. Proses ini membutuhkan ikan yang bertekstur kokoh, berserat besar, dan tidak lengket. Ikan-ikan yang bisa digunakan untuk membuat abon di antaranya adalah ikan tuna dan tongkol.

2. Selain kaya rasa, aneka bumbu dan rempah akan membuat abon awet

Bumbu dan rempah yang tepat adalah kunci kenikmatan abon ikan. Tidak hanya sebagai perasa, bahan ini juga memiliki kandungan antibakteri sehingga abon ikan buatan anda bisa lebih tahan lama. Seperti jahe, lengkuas, serai, kunyit. Daun jeruk dan daun salam juga tak ketinggalan menyumbang fungsi agar abon tidak amis. Agar tidak amis, gunakan daun jeruk dan daun salam. Anda penyuka pedas juga bisa menambahkan takaran cabai supaya lebih sedap.

3. Gunakan api kecil saat memasak abon

Proses mengaduk-aduk abon hingga benar-benar kering adalah tahap penting saat memasak abon. Proses ini membutuhkan api kompor yang kecil sehingga panas yang dihasilkan konstan dan tidak berlebihan. Jika memakai api besar, alih-alih kering, abon malah akan gosong namun tetap basah. Bukannya enak, abon pun jadi gagal dan terasa pahit. Sayang sekali, bukan?

4. Menyimpan abon dengan benar

Setelah kering dan selesai dimasak, diamkan dahulu abon hingga dingin dan hilang uapnya.. Ketika mencapai suhu ruang, barulah kemas abon di wadah kedap udara. Abon ikan bisa tahan selama satu minggu. Jika disimpan di kulkas, abon lezat ini bisa bertahan lebih lama lagi.

Nah, kini membuat abon ikan yang lezat bukan hanya sekadar wacana deh. Selain untuk lauk nasi, abon ikan ini juga cocok dijadikan isian lemper, roti, atau pastel. Lebih sehat karena bebas pengawet, lebih murah, dan lebih puas saat menyantapnya. Selamat mencoba!

Coba Resep: Abon Ikan Tongkol Bebas Amis