Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Ketika pertama kali mendengar kata bakpao, maka yang terlintas di pikiran saya adalah roti kukus tradisional Tionghoa. Dalam bahasa Hokkian, bakpao sendiri memiliki arti bungkusan berisi daging babi. Tapi karena banyak masyarakat lokal muslim yang menyukai bakpao, jenis isiannya pun dimodifikasi dengan bahan-bahan yang halal.

Bakpao memiliki keunikan citarasa yaitu kenyal sekaligus lembut yang nikmat. Versi asli bakpao berbentuk bulat dan berwarna putih susu. Namun sudah banyak kreasi bentuk dan warna bakpao yang dibuat. Bahkan, kini sudah banyak bakpao fushion berbentuk karakter seperti hewan, buah-buahan, hingga tokoh Disney. Wah, sungguh menarik ya!

Nah, jika anda akan membuat bakpao tapi bingung memilih isiannya, di bawah ini ada beberapa referensi yang bisa anda coba:

1. Daging kecap

Daging kecap merupakan isian bakpao asin yang banyak digemari. Awalnya, daging kecap terbuat dari daging babi, namun sekarang sudah tersedia versi daging ayam, sapi, dan seafood yang halal. Daging tersebut lalu dicincang, dan ditumis bersama bumbu halus, jadi tidak dominan manis kecap saja. Tetap ada rasa gurih dari bumbu dan rempah lainnya. Jika ingin rasa pedas, anda juga bisa pilih isian tumis daging lada hitam.

2. Daging charsiu

Selain daging kecap, ada juga isian bakpao berupa daging charsiu atau daging panggang ala Kanton yang khas karena warnanya yang merah. Cita rasa dan warna khasnya didapat dari bumbu seperti ngohiong, angkak, tauco, angciu, minyak wijen, saus hoisin, dan bumbu lainnya seperti lada dan bawang. Charsiu umumnya dibuat dengan menggunakan daging babi, sehingga bersifat nonhalal.

3. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan isian bakpau yang paling sering digunakan. Kacang tanah hijau diolah bersama gula pasir, susu cair, susu bubuk, dan vanili sampai berbentuk pasta kental yang manis sedikit gurih.

4. Kacang hitam

Jika anda bosan menyantap bakpao isi kacang hijau, anda bisa menggantinya dengan kacang hitam. Bahan dan cara pembuatannya sama saja. hanya saja pasta kacang hitam cenderung berwarna cokelat kehitaman.

5. Kacang merah

Isian bakpao dari kacang merah ini bisa juga anda coba sebagai variasi. Umumnya, cara pembuatan pasta kacang merah ini sama dengan pembuatan pasta kacang hitam. Namun tentu saja rasa dari pasta jenis ini dominan oleh rasa khas kacang merah.

6. Kacang tanah

Ada satu jenis kacang lagi yang bisa anda jadikan isian bakpao, yakni kacang tanah. Cara mengolah kacang tanahnya pun beragam. Anda bisa mengolahnya menjadi pasta. Atau jika ingin isian yang lebih bertekstur, anda bisa mencincang kasar kacang tanah tersebut dan memasaknya bersama gula atau coklat.

7. Kelapa

Jika suka isian bakpao yang manis, gurih, dan bertekstur, anda bisa coba bakpao dengan isi parutan kelapa. Ada dua jenis isian kelapa yang bisa anda pilih, yaitu isian kelapa putih yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula pasir, ada juga enten yang terbuat dari campuran kelapa parut dan gula merah.

8. Cokelat

Biasanya, cokelat dibuat menjadi pasta kental agar lebih mudah diisi ke dalam adonan bakpao. Rasa cokelat yang manis dan pekat akan nikmat sekali dipadukan dengan roti bakpao yang empuk-kenyal.

9. Isian modern

Tak hanya isian di atas saja, anda juga bisa coba memodifikasi bakpao dengan berbagai isian modern seperti telur asin, keju, aneka selai buah, pasta ubi, tumis bakso sosis, ragout, dan masih banyak lainnya sesuai selera anda.

Apa pun jenis isiannya, bakpao tetap jadi makanan yang nikmat untuk anda santap. Jadi, ingin menyantap bakpao isian apa hari ini?