Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Tak selamanya roti itu dipanggang, lho. Sekarang ini, banyak sekali jenis roti yang bisa digoreng seperti roti isi dan donat. Teksturnya akhirnya memang tak jauh beda, tapi menurut saya, roti yang digoreng itu lebih punya tekstur renyah ketika disantap. Belum lagi soal kepraktisan alias tidak butuh mengeluarkan oven hanya untuk memanggang beberapa biji donat.

Baru-baru ini, saya sedang ketagihan membuat roti goreng. Apalagi setelah tahu bahwa roti bisa dibuat tanpa harus diuleni kalis, saya makin semangat coba beberapa resep roti dan donat goreng. Kelihatannya sih mudah ya, karena hanya perlu buat adonan lalu panaskan minyak dan goreng hingga coklat keemasan. Namun namanya menggoreng, apalagi menggoreng roti, ternyata butuh perhatian supaya teksturnya tidak berminyak. Mau triknya? Simak yang satu ini!

1. Khusus roti isi, pastikan adonannya tertutup rapat

Roti isi adalah satu jenis roti yang bisa dibuat dengan digoreng. Isiannya macam-macam seperti coklat, keju, custard, daging, hingga es krim. Nah karena roti ini akan digoreng, pastikan adonannya menutupi isian dengan rapat. Tentu anda tak mau isian coklatnya jadi bercampur minyak, dong. Setelah diuleni dan diisi, ratakan permukaan adonan atau “kunci adonan” (tekuk bagian adonan yang terbuka seperti bikin pastel atau bakpao) agar isiannya tidak keluar saat digoreng. Setelah itu, masukkan dalam kulkas selama beberapa saat sebelum digoreng supaya teksturnya lebih padat.

2. Pakai minyak padat untuk menggoreng

Minyak padat adalah jenis minyak berwarna putih yang beku dan perlu dipanaskan agar mencair. Jika dibandingkan dengan minyak biasa, minyak padat mampu menggoreng roti dengan hasil yang lebih renyah dan pastinya tak terlalu berminyak. Selain itu, roti goreng juga lebih awet dan tak cepat melempem, lho. Hebat sekali, ya? Hal ini disebabkan karena titik asap minyak padat lebih tinggi dari minyak goreng. Oleh karenanya, minyak padat lebih bisa dipakai berulang tapi kualitas gorengan tetap baik.

3. Panaskan minyak agak banyak sebelum menggoreng

Menggoreng roti butuh minyak yang agak banyak (shallow fry) supaya matang merata. Sebelum memasukkan adonan, panaskan minyak lebih dulu dengan api sedang. Pastikan minyak ini benar-benar panas agar adonan roti tidak menyerap banyak minyak. Kalau memasukkannya sebelum minyak panas, adonan roti akan berada dalam minyak dalam waktu lama dan akhirnya bisa menyerap lebih banyak. Tes panas minyak bisa dengan sutil kayu yang dicelupkan ke dalamnya dan perhatikan jika ada banyak gelembung di sekitar sutil.

4. Jangan terlalu banyak memasukkan adonan pada wajan

Sama halnya ketika menggoreng risoles, wajan punya kapasitas terbatas untuk mematangkan roti dengan sempurna. Meskipun anda hanya punya sedikit waktu, jangan memasukkan banyak adonan dalam wajan pada satu waktu. Sebaiknya tetap menggoreng 2-3 adonan untuk wajan ukuran besar supaya matangnya merata. Soalnya, terlalu banyak adonan dalam wajan bisa membuat suhu minyak turun. Alhasil, roti akan lebih mudah menyerap minyak.

5. Goreng dengan api kecil

Nah, poin yang satu ini penting sekali ya. Setelah memanaskan minyak dengan api sedang, kecilkan api saat mulai memasukkan adonan roti. Selain menghindari gosong, menggoreng pakai api kecil dapat mematangkan roti dengan sempurna hingga ke dalam-dalamnya. Tak perlu khawatir dengan waktu goreng yang sedikit lebih lama, karena roti goreng tidak akan menyerap banyak minyak.

6. Tiriskan roti atau donat goreng sebelum disajikan

Setelah roti goreng matang coklat-keemasan, jangan langsung meletakkannya dalam wadah atau piring ya. Karena saat baru diangkat, minyak panas pasti menetes dari roti dan jika langsung diletakkan di wadah, minyak tersebut akan berkumpul di bagian bawah roti dan membuat teksturnya berminyak. Oleh sebab itu, tiriskan roti di cooling rack atau saringan minyak terlebih dulu. Jika sudah agak dingin, roti goreng bisa dipindahkan ke wadah atau piring, lalu siap disajikan!

Coba resep:

Nah, gampang ya? Intinya, tak perlu buru-buru dalam menggoreng roti supaya hasilnya mulus dan nikmat. Selain proses menggorengnya, anda juga perlu tahu memperhatikan proses pembuatan adonannya secara keseluruhan, ya. Simak tips ini supaya roti apapun yang anda buat, entah dipanggang atau digoreng, bisa sukses mengembang cantik dan terasa mantap.