Penulis: Ninna.L

Saya termasuk orang yang suka makan ikan lele, apalagi pecel lele yang dimakan bareng nasi hangat. Dan saya pun semakin semangat makan ikan lele setelah membaca hasil suatu penelitian bahwa ternyata vitamin yang terkandung dalam ikan lele itu, setara dengan vitamin dalam ikan salmon!

Sering sih terpikir untuk membuat sendiri pecel lele di rumah. Selain agar lebih sehat dan hemat, cita rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera saya sendiri. Tapi kadang niatan tersebut kalah dengan rasa malas. Mengingat proses persiapan atau membersihkan lele itu cukup ribet, bahkan ada risiko terkena patilnya. Tapi tenang saja, saya punya beberapa tips mengenai cara membersihkan ikan lele, terutama yang masih hidup. Coba disimak, ya.

1. Masukan Lele ke dalam Air Bersih (Berok)

Jika kamu membeli lele yang masih hidup, ada baiknya diberok dulu selama seharian. Fungsi memberok ikan lele ini adalah untuk membersihkan organ dalamnya. Jangan lupa pastikan juga kamu menggunakan air bersih, ya.

2. Pukul Kepala Ikan Lele dengan Palu atau Ulekan Cobek

Setelah proses berok, ikan lele tidak bisa langsung dibersihkan begitu saja. Agar ikan lele diam, kamu harus pukul kepalanya sampai pingsan dan mati. Sebagai perlindungan agar tidak dipatil ikan lele, kamu bisa gunakan sarung tangan untuk memegang kepalanya saat akan dipukul. Lalu letakkan kepala lele di atas talenan kayu. Pukul kepalanya beberapa kali sampai lele benar-benar tidak bergerak.

3. Gosok Ikan Lele dengan Garam atau Abu Gosok

Berhubung ikan lele itu badannya sangat licin, sebaiknya kamu membersihkan lendirnya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menggosok badan lele dengan garam atau abu gosok sampai lendirnya benar-benar hilang. Setelah itu, bilas ikan lele di air mengalir hingga bersih.

4. Buang Insang dan Isi perut Ikan Lele

Saya punya trik khusus supaya lebih mudah membersihkan isi perut ikan lele. Pertama-tama, buat sayatan melintang pada leher ikan lele, lalu buatlah sayatan tegak lurus dari sayatan pertama, arahkan sayatan menuju ekor. Lalu, rogoh isi perut lele dengan menggunakan jari tangan sampai benar-benar bersih. Untuk membersihkan insang, masukan jari melalui celah kecil di bawah kepala ikan lele, lalu rogoh insangnya. Setelah itu, kamu bisa membilas kembali ikan lele sampai bersih di air yang mengalir.

5. Lumuri Ikan Lele dengan Air Jeruk Nipis atau Lemon

Kadang, walaupun sudah dibersihkan, ikan lele tetap saja meninggalkan bau amis. Untuk menyiasatinya, coba lumuri ikan lele kamu yang sudah bersih dengan air perasan jeruk nipis atau lemon. Diamkan beberapa saat sampai bau amisnya hilang. Setelah itu, kamu bebas mengolahnya menjadi aneka masakan yang menggugah selera.

Walaupun saat ini, kita bisa dengan mudah membeli ikan dalam kondisi siap masak alias telah dibersihkan dan dipotong-potong oleh abang penjualnya, tapi tidak ada salahnya kan, kamu juga tahu tips di atas. Mungkin esok hari akan ada tetanggamu yang tiba-tiba bertamu dan memberikan buah tangan ikan lele hidup, hasil panen tambak lelenya yang ada di kampung. Yup, selamat mencoba!