(Image: Atemalem)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Selama ini, penggunaan aneka bumbu dan rempah memang bisa memperkaya rasa dan aroma pada masakan. Beberapa daerah tertentu bahkan memiliki bahan atau bumbu unik yang jadi ciri khas sajiannya. Seperti masakan khas suku Batak, Sumatera Utara, yang menggunakan bumbu/rempah andaliman. Saya yakin, anda yang bukan berasal dari daerah tersebut, pasti  masih asing dengan bumbu ini. Meski begitu, tidak ada salahnya dong anda berkenalan dengan andaliman ini. Simak yuk penjelasan lengkapnya yang menarik berikut ini.

1. Asal-usul

Andaliman merupakan bumbu khas asia yang berasal dari kulit buah bermarga zanthoxylum, atau jeruk-jerukan. Sebenarnya, andaliman ini cukup sering digunakan di negara asia lainnya. Di Indonesia sendiri, andaliman hanya digunakan oleh suku Batak saja, mereka sering juga menyebutnya dengan rempah tuba. Tapi masyarakat dari daerah lain biasa menyebut andaliman sebagai merica batak, karena memang andaliman memberikan sensasi kelu dan mati rasa di lidah, persis seperti merica. Meski begitu, aroma dari andaliman justru seperti citrus yang kuat. Di pasaran, andaliman biasa dijual dalam bentuk utuh maupun bubuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Fungsi

Andaliman memiliki rasa pedas yang kuat dan bisa digunakan untuk masakan yang rasa pedasnya memang menonjol. Meski begitu, penggunaan andaliman sebaiknya tidak terlalu banyak, karena bisa merusak citarasa asli masakan. Biasanya, masakan khas Batak yang menggunakan andaliman adalah arsik ikan mas dan sarsang. Tapi sekarang sudah banyak juga masyarakat yang menggunakan andaliman sebagai tambahan bumbu pada aneka masakan seperti sambal andaliman, terong goreng bumbu andaliman, sampai ayam/ikan goreng bumbu andaliman.

Selain kulitnya yang digunakan sebagai bumbu masak, buah andaliman juga sering dimanfaatkan untuk kepentingan industri farmasi. Hal tersebut karena buah andaliman mengandung senyawa aromatik dan minyak esensial yang berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan yang tentunya sangat baik untuk kesehatan.

Coba resep: Arsik Ikan Mas

3. Tips memilih

Pilihlah andaliman yang kering, tidak lembab, dan beraroma menyengat. Hal tersebut menjadi ciri utama andaliman yang berkualitas bagus.

4. Cara menyimpan

Anda masih punya sisa andaliman yang tak terpakai? Simpanlah dengan benar agar kualitasnya tetap terjaga. Simpan andaliman dalam toples yang kedap udara. Pastikan toples tersebut dalam keadaan benar-benar kering dan bersih agar andaliman anda bisa awet lebih lama.

Nah, sekarang anda sudah paham dong tentang bumbu khas masakan Batak yang satu ini. Yuk, coba buat sajian arsik ikan mas di atas untuk tahu bagaimana citarasa unik nan enak yang disumbangkan andaliman.