Penulis: Emy.E

Apakah kamu salah satu penggemar kopi? Sudah bukan rahasia jika kopi memiliki penggemar fanatik karena cita rasanya yang khas plus efeknya dalam mendongkrak energi. Sehingga membuat pengonsumsinya tetap semangat dalam melakukan berbagai aktivitas. Mengawali hari tanpa kopi bisa menjadi masalah tersendiri bagi siapapun yang sudah terbiasa dengan secangkir kopi ini.  

Yang menjadi pertanyaan, apakah kebiasaan kamu dalam minum kopi sudah bisa memberikan manfaat secara efektif? Karena beberapa fakta menyebutkan konsumsi kopi pada waktu-waktu tertentu justru tidak memberikan manfaat dan malah menimbulkan dampak negatif. Ternyata minum kopi pun ada aturannya. Nah, ulasan berikut ini akan menjelaskan bagaimana tips penting pastinya cocok buat kamu yang rutin minum kopi.

Waktu terbaik untuk minum kopi

Jika dikonsumsi secara benar, kopi mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Nah, berikut ini adalah waktu terbaik buat kamu untuk minum kopi:

1. Setelah sarapan

Pada dasarnya, kopi aman untuk diminum pada pagi hari. Tapi ingat ya sebaiknya minum kopi setelah sarapan, karena kalau kamu minum kopi sebelum sarapan bisa memicu produksi asam lambung yang justru akan membuat kamu merasa tidak nyaman.   

2. Setelah jam 10 pagi

Tips minum kopi terbaik adalah setelah jam 10 pagi. Waktu ini ada hubungannnya dengan siklus alami tubuh yang mengeluarkan hormon kortisol antara jam 8-9 pagi, hormon kortisol inilah yang membuat kamu tetap awas dan terjaga. Jadi ketika kamu minum kopi sebelum jam 10 pagi, dikhawatirkan kebiasaan itu akan mengganggu kesehatan. So, waktu terbaik untuk minum kopi di pagi hari adalah setelah jam 10 ya, karena pada waktu tersebut hormon kortisol sudah menurun dan tubuh kamu pun bisa tetap bersemangat dengan asupan kopi yang nikmat.

3. Setelah jam 13 siang dan setelah jam 18 malam

Selain antara jam 8-9 pagi, hormon kortisol juga mengalami peningkatan pada jam-jam tertentu, yaitu antara jam 12-13 siang dan jam 17-18 malam. Agar tubuh tetap semangat tanpa mengganggu siklus alami tubuh maka sebaiknya minum kopi setelah jam-jam tersebut ya, yaitu setelah jam 13 siang atau setelah jam 18 malam.  

Kapan sebaiknya menghindari minum kopi?

Secara umum kopi bisa memberikan efek yang kurang baik jika diminum sebelum sarapan dan menjelang waktu tidur karena bisa menyebabkan kamu lebih susah untuk tidur.

Untuk wanita, sebaiknya menghindari minum kopi ketika sedang menstruasi karena bisa berpotensi memperburuk gejala Premenstrual Syndrome (PMS) yang kamu alami. Seperti misalnya timbul efek perut kembung dan sakit kepala, sementara ganti dengan jus buah atau air putih dulu ya! Selain itu, pada wanita hamil kebiasaan minum kopi juga sebaiknya dikurangi agar tidak menimbulkan efek buruk pada kehamilan.

Beberapa kondisi kesehatan juga disarankan untuk menghindari kopi, diantaranya adalah seseorang yang menderita penyakit jantung, asam lambung, dan hipertensi.

Mengenal jenis kopi terbaik

Kualitas kopi tentu sangat berpengaruh pada kenikmatan secangkir kopi, nah kamu perlu tahu jenis kopi terbaik yang bisa kamu nikmati. Kamu bisa coba kopi organik yang lebih sehat karena terhindar dari efek pestisida yang akan berdampak buruk pada kesehatan.  

Adapun jenis kopi terbaik bisa dengan mudah kita dapatkan karena negeri kita tercinta ini merupakan penghasil kopi berkualitas yang sudah diakui dunia. Sebut saja kopi Aceh, Bali, Papua dan kopi lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia. Kamu bisa membeli biji kopi dan menumbuknya sendiri di rumah. Yang pasti cara minum kopi ini lebih sehat daripada kamu minum kopi instant.

Minum kopi bisa memberikan banyak manfaat jika dilakukan dalam waktu dan cara yang benar. Penggunaan gula yang berlebihan pada minuman kopi juga sebaiknya dihindari untuk mendapatkan manfaat maksimal kopi. Kamu bisa mengganti gula dengan bubuk kayu manis atau susu kedelai yang lebih sehat.