Penulis : Atsa

Seringkali kita membeli kue dalam ukuran besar yang nggak bisa habis dalam sekali makan. Cake ulang tahun misalnya, disajikan dalam diameter sekitar 20 cm, biasanya juga nggak habis hanya dengan sekali makan. Cake identik dengan penggunaan krim, keju, dan buah-buahan. Bila sisa cake tidak disimpan dengan benar akan mengubah rasanya.

Selain cake, kue lainnya seperti bolu gulung atau roti sobek juga biasanya nggak habis hanya dalam satu hari. Jika tidak disimpan dengan benar, roti jadi mudah kering dan berjamur, lhoKarenanya, sangat penting untuk mengetahui cara menyimpan sisa kue. Simak tips berikut supaya kue tidak mudah rusak dan tidak terbuang percuma.

Baca Juga : 6 Tips Sukses Membuat Layer Cake

1. Wadah Kedap Udara

Image : www.karlsbier.cl

Pastikan simpan sisa kue pada wadah penyimpanan yang kedap udara. Karena mengandung krim beberapa bahan yang perlu disimpan di tempat dingin, sisa cake perlu dimasukan dalam kulkas.

Tapi, sebelum dimasukan dalam kulkas, taruh di wadah kedap udara seperti cake container. Wadah ini sangat cocok untuk cake karena tidak akan merusak dekorasinya.

Menyimpan cake pada wadah kedap udara bertujuan supaya cake tersebut tidak mudah berair, dan bebas dari kontaminasi bahan makanan lain yang ada di kulkas.

2. Lapisi dengan Plastic Wrap

Image : www.dhgate.com

Saat membeli cake, biasanya cake akan dikemas dalam cake container atau kotak kue. Nah, jangan buang kotak kue tersebut! Sisa cake bisa kembali anda taruh pada kotak kue, lalu lapisi dengan plastic wrap supaya kedap udara.

Cara kedua, anda juga bisa menaruh kue pada piring atau loyang besar, kemudian tutup dengan mangkuk. Setelah itu, lapisi loyang dan mangkuk tersebut dengan plastic wrap.

3. Bread Case

Beberapa jenis kue basah memang tidak perlu disimpan di kulkas, dan bisa bertahan 3 hari di suhu ruangan. Tapi bagaimanapun jangan dibiarkan di tempat yang terbuka begitu saja, ya. Jika kue sering terkena udara, kue akan kehilangan kelembapan, jadi bisa mempercepat kue menjadi kering.

Image : coreymondello.com

Simpan kue basah seperti bolu dan roti pada bread case atau tempat penyimpanan khusus kue. Selain menjaga kelembapan, menaruh kue pada bread case juga menjaga kebersihan dari kue itu sendiri. Jadi nggak bikin sakit perut karena bakteri yang bisa saja hinggap lewat udara.

Baca Juga : Tips Adonan Donat Lembut dan Mengembang

4. Plastik Zip Lock

Image : nationalpost.com

Alternatif lainnya, anda juga bisa menyimpan sisa kue dan roti pada plastik zip lock. Plastik zip lock memiliki perekat yang mudah untuk dibuka dan direkatkan kembali.

Sebenarnya plastic zip lock biasa sudah cukup sih, tapi supaya lebih aman lagi, bisa juga menggunakan plastik dengan double zip lock.

5. Penjepit Plastik

Nah, kalau roti anda memiliki kemasan plastik, sisa roti bisa disimpan hanya dengan merekatkan kembali bekas sobekan plastik roti tersebut. Gunakan penjepit plastik untuk menutup kembali lubang angin yang sudah terbuka. Sangat praktis kan?

Itulah cara menyimpan kue supaya tahan lama, tetap lembut, dan empuk. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, jadi nggak perlu bingung lagi. Kue pun tetap enak di hari berikutnya.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Cake vs Pastry

Tips Menyimpan Sisa Cake dan Kue Tetap Lembut dan Empuk
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)