Penulis: Vira | Editor: Ria

Hidangan seperti lele goreng, ayam goreng, dan ikan goreng memang sudah sering kali ditemukan dimana-mana, terutama di warung makan pecel lele. Tapi, seringnya kita menemukan menu-menu tadi bersama kremesan di sampingnya. Nah, bagi beberapa orang, lele goreng atau ayam goreng tak akan lengkap tanpa ada kremesan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan renyah, sering membuat penggemar sajian goreng menjadi ketagihan.

Mungkin beberapa dari kamu pernah mencoba membuat kremesan sendiri di rumah, tapi hasilnya tidak memuaskan. Tenang, jangan khawatir karena kita akan membahas tips dalam membuat kremesan yang enak dan renyah. Mau tahu? Simak artikel berikut ini ya!

1. Gunakan adonan tepung

Adonan untuk membuat kremesan ternyata gak begitu susah, lho. Biasanya adonan kremesan terbuat dari tepung kanji, tapi kamu juga bisa menggunakan tepung beras atau tepung sagu. Supaya ada rasa gurih, jangan lupa tambahkan bumbu seperti garam, bawang putih, kemiri, dan kunyit sebagai pewarna ya.

2. Gunakan kaldu ayam untuk kremesan yang lebih enak

Kalau kamu mau sensasi rasa yang lebih enak lagi, kamu bisa lho mencairkan tepung menggunakan kaldu ayam yang sudah dibumbui sebelumnya. Dijamin deh, rasanya bakal jauh lebih enak, gurih, dan berasa ayam banget walaupun sebenarnya makan tanpa ayam. Tapi, untuk bumbu kaldu ayam jangan terlalu banyak gula ya, karena gula bisa membuat kremesan lebih cepat gosong ketika digoreng. Oh iya, kalau kamu mau kremesan yang lebih empuk kamu juga bisa kok menambahkan kuning telur.

3. Gunakan wajan anti lengket dan minyak panas ketika menggoreng kremesan

Wajan anti lengket digunakan untuk menggoreng kremesan agar kremesan yang kamu goreng tidak menempel di dasar wajan. Kalau sudah menempel, pasti akan susah untuk diangkat dengan sempurna.

Nah, untuk menggoreng adonan kremesan yang sudah dibuat, kamu harus menggunakan minyak panas. Penggorengan adonan di atas minyak panas akan membentuk kremesan yang berbentuk serabut-serabut atau jaring-jaring. Kalau kamu menggoreng dalam keadaan minyak yang belum panas, kamu akan mendapatkan kremesan yang lembek dengan bentuk yang kurang bagus. Ketika menggoreng adonan, jangan menuang terlalu banyak agar tidak menggumpal. Satu sendok sudah cukup, kok.

4. Simpan kremesan yang sudah jadi di dalam wadah kedap udara

Yang terakhir, kremesan yang sudah mulai dingin bisa kamu simpan di dalam wadah kedap udara. Hal ini dilakukan agar kerenyahan dari kremesan tetap terjaga. Jika kremesan yang sudah jadi kamu biarkan di ruangan terbuka maka kremesan jadi cepat alot dan lembek.

Kremesan lezat dan renyah ini selain bisa kamu sajikan dengan ayam goreng, lele goreng, atau ikan goreng, bisa juga kamu sajikan dengan goreng-gorengan lainnya seperti pisang goreng dan udang goreng, lho. Ternyata gak sulit untuk dibuat, kan? Mungkin setelah membaca tips ini kamu bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Jadi sekarang gak perlu khawatir deh sama kremesan yang alot dan lembek. Selamat mencoba!