(Image: Shutterstock)

Penulis: Ninna.L | Editor: Ria

Beberapa hari lalu, saya makan udang di sebuah restoran yang cukup terkenal di Bandung. Ekspektasi saya pada saat memesan udang goreng tersebut adalah rasa gurih dan manis alami dari daging udang yang bikin nagih. Apalagi saat itu saya memesan udang galah yang berukuran besar.

Begitu udangnya matang dan tersaji di meja, saya langsung menyerbunya. Dan betapa kecewanya saya, saat merasakan udang tersebut. Daging udangnya sama sekali tidak manis, teksturnya pun keras akibat terlalu lama digoreng. Ketika saya perhatikan lebih jauh lagi, ternyata bagian garis hitam di punggungnya pun tidak dibersihkan.

Beberapa hari setelah bersantap di resto itu, saya berencana ingin memasak sendiri sajian udang goreng untuk mengobati kekecewaan yang lalu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan dan mengolah udang untuk hasil sajian terbaik dan lezat. Simak tipsnya di bawah ini, ya.

Cara membersihkan udang dengan benar

1. Cuci bersih udang di air mengalir.

2. Jika kamu ingin memasak udang secara utuh, kamu hanya perlu menggunting kumis udangnya saja. Agar tidak amis, kamu bisa melumuri udang dengan garam dan air jeruk nipis. Meskipun sebaiknya bagian kepala dibuang karena cepat membusuk dan mengumpulkan bakteri, kamu tetap bisa menggunakannya asalkan langsung segera dimasak.

3. Jika kamu hanya ingin menggunakan dagingnya saja tanpa kulit, kamu bisa merendam udang dengan larutan air cuka. Hal ini berfungsi untuk melunakkan kulit udang agar lebih mudah dikupas. Bagian kulit dan kepala udang ini bisa juga kamu manfaatkan untuk membuat kaldu, lho.

4. Jangan lupa membersihkan kotoran yang ada di punggung udang! Caranya yaitu keratlah sedikit punggung udang dan tarik kotoran berwarna hijau kehitaman, yang berbentuk seperti benang.

5. Simpan udang di dalam freezer agar lebih tahan lama dan terhindar dari bakteri. Tapi, usahakan jangan terlalu lama juga menyimpannya. Pastikan juga kalau kamu tidak membekukan udang lebih dari sekali atau berulang.

Setelah mengetahui cara membersihkan udang, berikut ini saya berikan tips cara mengolahnya juga

1. Masak dengan api besar

Jika kamu akan mengolah udang dengan cara menumis atau menggoreng, masak udang dengan cepat dalam api besar. Fungsinya untuk mempertahankan rasa manis dan gurih pada udang

2. Masukkan dalam air yang telah mendidih

Jika mau direbus, pastikan masukan udang saat air sudah mendidih ya. Jangan lupa tambahkan sedikit garam, dan tutup dengan panci. Jika udang sudah matang, segera tiriskan dan celupkan ke dalam air dingin. Ini fungsinya untuk menghentikan proses memasak udang tersebut.

3. Masaklah dengan cepat

Agar udang tetap kenyal dan manis, usahakan jangan memasaknya terlalu lama. Karena daging udang memiliki tekstur yang sangat lembut. Masaklah udang kamu selama sekitar tiga menit saja atau sampai warna udang mulai berubah memerah.

Semoga dengan tips di atas, kamu tidak akan mengalami apa yang saya rasakan ketika bersantap udang di resto ternama itu, ya. Karena serius deh, udang dengan proses pembersihan dan pengolahan yang salah itu, benar-benar menurunkan rasa dan kualitasnya.

Cobalah resep udang berikut ini dengan cara yang benar.