Penulis : Atsa

Sebagai landasan pemotong, talenan pasti ada di dapur semua orang. Talenan digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, tak terkecuali untuk memotong bahan-bahan makanan yang memiliki getah, seperti labu siam atau nangka.

Getah yang kemudian menempel pada talenan kayu memang susah hilang dan sering bikin kesal. Tapi tenang, ada cara khusus untuk membersihkan talenan kayu dari getah. Bahkan beberapa bahan untuk membersihkannya pasti ada di rumah anda, lho.

1. Gunakan Tepung Kanji

Gunakan tepung kanji untuk menghilangkan getah yang menempel di talenan kayu. Anda bisa langsung menaburkan tepung secara merata pada permukaan talenan yang terkena getah.  

Gosok-gosokan perlahan pada bagian yang sudah ditaburi tepung. Getah akan menempel pada tepung dan terlepas. Setelah itu, segera cuci talenan dengan menggunakan sabun.

2. Gunakan Minyak

Jika tidak memiliki tepung kanji di rumah, anda dapat memanfaatkan minyak di dapur untuk menghilangkan getah pada talenan kayu. Minyak kelapa, minyak goreng kelapa sawit, dan minyak sayur apapun yang ada di dapur dapat digunakan.

Minyak akan membantu melembabkan talenan, atau sebagai pelumas yang akan membantu mengangkat getah yang menempel. Dengan beberapa tetes minyak saja getah yang menempel pada talenan kayu akan mudah dibersihkan.

Caranya, gosok-gosokkan minyak pada talenan secara merata hingga getah terlepas. Kemudian, bilas dengan sabun untuk menghilangkan sisa minyak pada talenan.

3. Gunakan Biji Nangka

Jika getah pada talenan berasal dari nangka, anda bisa menghilangkan getahnya dengan menggunakan minyak dari kulit biji nangka. Biji nangka dilindungi oleh sarung pelindung biji yang mengandung air dan minyak alami.

Caranya, cukup remas sarung biji nangka hingga minyaknya keluar. Oleskan pada talenan, dan getah pun akan terangkat. Kemudian cuci dengan sabun seperti biasa.

4. Air panas

Getah yang tidak terlalu banyak dapat dihilangkan hanya dengan air panas. Tips ini memang hanya dapat dilakukan pada talenan berbahan kayu atau selain plastik. Untuk melakukannya juga membutuhkan kesabaran.

Caranya, celupkan beberapa saat talenan kedalam air hangat. Lalu angkat dan gosok perlahan dengan sabun.

Jika getah belum terangkat seluruhmya, lakukan berulang hingga seluruh getah terangkat bersih. Kemudian cuci ulang dengan air dingin dan sabun seperti biasa.

Itulah 4 tips mudah menghilangkan getah pada talenan kayu. Berikutnya untuk mengurangi kesulitan dalam menghilangkan getah, sebelum memotong bahan makanan yang bergetah olesi dulu talenan dengan sedikit minyak. Dengan demikian getah akan sulit menempel.

Baca Juga4 Tips Penting dalam Merawat Talenan

Tips Membersihkan Talenan Kayu dari Getah
Bantu kami menilai artikel ini! (5=Sangat Bermanfaat)