(Image: Shutterstock)

Penulis: Manggarayu | Editor: Ria

Teman saya ada yang maniak baking. Ia cinta banget sama Anna Olson dan selalu berusaha membuat resep-resep baker ternama itu. Saking seringnya memanggang kue, beberapa loyangnya pun mulai berkarat. Ia mengaku kalau sudah berkarat, lebih baik beli yang baru. Tapi kalau terlalu sering beli baru, boros juga ya? Sebetulnya ada beberapa cara aman untuk membersihkan loyang kue, lho. Dan lagi, harga bahan-bahannya masih lebih terjangkau ketimbang harus beli baru.

Menghilangkan kerak pada loyang

Sebagian besar loyang kue terbuat dari alumunium. Ternyata logam ringkih ini sensitif dengan sabun cuci piring, lho. Tanpa kita sadari, sabun cuci piring mengandung bahan yang dapat mengikis atau membuat korosi loyang alumunium. Jika sering mencuci dengan sabun cuci piring, permukaan loyang kue akan menipis atau bahkan bolong. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak banyak memakai sabun cuci piring.

Lalu bagaimana jika ada kerak membandel di loyang? Sebelum dicuci, rendam atau seduh dulu dengan air panas. Diamkan sebentar dan noda bekas makanan akan larut dalam air. Jika masih ada sisa kerak yang tak bisa hilang, anda boleh mengolesnya dengan sabun cuci hanya di bagian kerak tersebut.

Menghilangkan karat pada loyang  

Anda hobi memanggang kue sampai loyang berkarat? Daripada harus beli baru, ada cara ampuh untuk menghilangkan karat pada loyang. Pertama, cek dulu material loyang anda. Apakah terbuat dari stainless steel atau alumunium? Karena beda material, beda juga perlakuannya. Kalau terbuat dari stainless steel, anda bisa gunakan baking soda dan hidrogen peroksida. Jangan khawatir, hidrogen peroksida bisa dibeli di apotek atau toko kimia.

Cara membersihkannya, taburkan baking soda pada loyang lalu tuang hidrogen peroksida ke loyang secara merata. Setelah itu, taburkan baking soda lagi pada loyang. Diamkan selama 2 jam dan setelah itu gosok loyang secara perlahan dengan spons lembut. Jangan pakai spons kawat ya, agar loyang anda tidak lecet. Terakhir, bilas loyang dengan air mengalir.

Bagaimana dengan loyang alumunium? Gunakan air dan cuka untuk membersihkan karatnya. Panaskan air dan cuka dengan rasio 4:1 hingga mendidih. Matikan api dan tunggu larutan tersebut hingga dingin. Setelah itu, ambil spons lembut dan gosokkan pada bagian karat. Kalau sudah, bilas dengan air mengalir.

Tidak rumit, kan? Sayang sekali jika harus selalu beli loyang baru karena ada solusi yang lebih murah. Selain menjaga dari kerak dan karat, anda juga perlu menjaga kualitas loyang. Usahakan tidak memotong kue di dalam loyang atau simpan di tempat yang lega agar loyang kue tidak berubah bentuk atau penyok.

Atsarina Lutfiyyah (Senior Editor)

Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Hobi menulis, traveling dan memasak. S2 Universitas Gadjah Mada Ilmu Komunikasi